Inilah Rute Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Inilah Rute Kereta Bandara Soekarno-Hatta

HarianDepok.com – Bisnis , Tidak lama lagi Kereta Bandara Soekarno Hatta (Soetta) akan mulai beroperasi pada April 2016 mendatang. Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi mengungkapkan, proses pembebasan lahan ditargetkan akan rampung di tahun 2016. Artinya operasional jalur kereta bandara diprediksi akan mulai aktif pada awal 2016.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengatakan, waktu tempuh kereta Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan akan memakan waktu sekitar 58 menit. Rute kereta dimulai dari stasiun Manggarai menuju Sudirman, lalu ke Batu Ceper, dan terakhir Bandara Soekarno-Hatta. Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan, jarak tempuh yang tak mencapai 1 jam ini bisa lebih efisien dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi. Termasuk lebih cepat dari melalui jalan tol.

Edi menambahkan, kereta berhenti di Sudirman karena nanti akan ada stasiun besar di sana. Selain itu, jadi tempat strategis bagi pengguna kendaraan roda empat.  Kereta Bandara ini, lanjut Edi, juga dapat digunakan oleh penumpang commuter line lewat Stasiun Manggarai. Dari sana, pengguna KRL akan pindah kereta menuju Soekarno-Hatta.

“Masuk Batu Ceper langsung ke bandara, dari Manggarai disiapkan. Pengguna KRL sambung dari Manggarai pindah ke kereta bandara,” katanya. Sebelum menuju Batu Ceper, para penumpang KRL akan terlebih dahulu melewati Stasiun Sudirman. Selanjutnya, lanjut ke arah Bandara Soekarno-Hatta. “Makanya ke Manggarai, KRL turun di sana, naik kereta bandara akan berhenti di Sudirman baru langsung Batu Ceper. Terakhir, masuk bandara,” pungkasnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: