Perdana Menteri Australia Kirim 100 Personil Polisi Ke lokasi kecelakaan MH17

Perdana Menteri Australia Kirim 100 Personil Polisi Ke Ukraina

HarianDepok.com – Internasional. Tony Abbott yang menjabat sebagai Perdana Menteri Australia akan mengirim 100 polisi tambahan dan beberapa personil gabungan ke Eropa untuk bergabung dengan pasukan keamanan internasional yang dipimpin oleh Belanda untuk mengamankan lokasi kecelakaan Malaysia Airlines MH17.

Petugas dari Australian Federal Police (AFP), beberapa personil di antaranya akan dipersenjatai, akan bergabung dengan kontingen dari 90 perwira AFP di London yang sedang menunggu kesepakatan dengan Presiden Ukraina, Petro Poroshenko dan harus disetujui oleh parlemen Ukraina.

“Ini adalah misi kemanusiaan, dengan tujuan yang jelas dan tepat,” kata Abbott kepada wartawan.

“Saya berharap operasi di tanah Ukraina, dapat berjalan aman-aman saja, untuk bertahan tidak lebih dari beberapa minggu.” Sambungnya.

Abbott mengumumkan pada hari Kamis bahwa 50 polisi telah dikerahkan ke London menjelang misi ini, tetapi seorang juru bicara polisi mengatakan pada hari Jumat bahwa jumlahnya bukan 90. Belum jelas kenapa ada perbendaan seperti ini.

Abbott mengatakan bahwa pemberontak Rusia yang didukung dan mengendalikan wilayah itu merusak bukti yang ada, dan berpendapat bahwa polisi di luar atau mungkin pasukan militer diperlukan untuk memastikan bahwa persetujuan itu tidak dilanjutkan.

PesawaMH17 ditembak jatuh pekan lalu di Ukraina timur, saat tengah melakukan perjalanan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur. Menewaskan semua awak kapal dan 298 penumpang.

Dua puluh delapan warga Australia tewas.

Tags: