Penurunan Harga BBM Belum Pengaruhi Harga Sembako

Penurunan Harga BBM Belum Pengaruhi Harga Sembako

ilustrasi

HarianDepok.com – Bisnis , Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan bahwa penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) sama sekali belum mempengaruhi harga sembilan bahan kebutuhan pokok. Ia menuturkan, penurunan harga BBM di SPBU yang diberlakukan mulai Selasa (05/01/2016) kemarin belum mempengaruhi harga beras yang masih bertahan tinggi seharga Rp 12.500 per kilogram dan harga gula pasir yang juga masih dijual seharga Rp 13.000 per kilogram.

Sedangkan harga cabai merah juga masih bertahan tinggi pada harga Rp 45.000 per kilogram, bawang merah seharga Rp 50.000, daging sapi seharga Rp 110.000 per kilogram dan harga kebutuhan lainnya yang juga masih bertahan tinggi. “Harga kebutuhan pokok masih tinggi karena pedagang masih menjual stok lama dengan biaya angkut dari daerah asal barang yang masih tinggi,” jelasnya.

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat para pedagang masih mengandalkan pasokan barang dari luar daerah sentra produksi pangan di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan. “Diprediksikan dalam waktu dekat ini harga sembako dan kebutuhan masyarakat akan segera turun seiring biaya transportasi dari daerah asal barang yang juga turun,” ucapnya.

Sebab itu, ia menyarankan kepada para pedagang untuk menyesuaikan harga sembako dengan penurunan harga BBM dan biaya transportasi barang untuk membantu perekonomian masyarakat. “Saat ini stok beras, minyak goreng, bawang merah, cabai dan kebutuhan pokok masyarakat lainnya cukup berlimpah karena pasokan barang dari daerah asal yang lancar,” pungkasnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: