Sekuriti Terlibat Dalam Pencurian Bagasi di Bandara Soekarno-Hatta

Sekuriti Terlibat Dalam Pencurian Bagasi di Bandara Soekarno-Hatta

foto: kompas.com

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Selama dua tahun terakhir sudah terjadi sebanyak 14 pencurian barang bawaan penumpang di Bandara Soekarno Hatta. Ada tiga modus utama dalam belasan kasus pencurian tersebut. Menurut Kasatreskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Komisaris Polisi (Kompol) Aszhari mengatakan, ada delapan kasus pencurian yang dilaporkan pada tahun 2014. Sementara sepanjang tahun 2015 tercatat ada enam kasus pencurian barang penumpang.

“Ada tiga modus operandi pencurian, pertama pencurian dengan membongkar bagasi kargo pesawat. Barang-barang yang dikirim menggnakan kargo sebagian hilang karena terambil,” tutur Aszhari di Mapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (05/01/2016). Ia melanjutkan, Kedua, pencurian di kompartemen pesawat seperti kasus pembobolan koper penumpang yang terjadi baru-baru ini.

Ketiga, pencurian di kabin pesawat ketika pelaku menyamar sebagai penumpang. Mengetahui kasus di atas, pihaknya mengimbau kepada para penumpang untuk tidak melatakkan barang bawaan berharga seperti gadget dan perhiasan di bagasi. Penumpang pun disarankan untuk menggunakan kunci ganda, atau wraping koper untuk menghindari pencurian.

Pihak Polresta Bandara Soekarno-Hatta sebelumnya berhasil menangkap empat oknum porter yang mencuri barang dari dalam koper penumpang. Keempat porter dari maskapai penerbangan Lion Air tersebut tertangkap usai penelusuran dari bukti rekaman kamera CCTV PT AP II pada November lalu. Salah satu porter mengaku adanya keterlibatan sekuriti bandara dalam proses pencurian barang-barang milik penumpang.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok