Kemendagri Rencanakan Pelantikan Walikota Depok Pada Akhir Januari 2016

Kemendagri Rencanakan Pelantikan Walikota Depok Pada Akhir Januari 2016

HarianDepok.com – Berita , Rencana pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam melaksanakan pelantikan pasangan Cawalkot terpilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 09 Desember 2015 kemarin yang serentak diselenggarakan oleh ratusan kota diseluruh Indonesia pada akhir Januari 2016 nanti mendapatkan dukungan penuh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan sejumlah kota yang lainnya.

Pasalnya, hal tersebut dianggap sebagai salah satu upaya untuk dapat menjadikan kota Depok agar lebih baik lagi. Selain daripada itu, adanya percepatan dalam melantik pemimpin kota akan berdampak kepada efisiensi kerja yang dimana seharusnya jabatan Walikota  kota Depok digantikan dengan Pejabat terpilih sampai dengan dilantiknya Walikota terpilih pada Juni 2016 mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Hardiono yang mengaku bahwa dirinya akan selalu mendukung rencana percepatan pelantikan para pemimpin kota yang baru. “Semakin cepat untuk dilantik, maka perkembangan kota atau Kabupaten pun juga akan semakin bagus,” ujarnya di Depok, Senin (04/01/2016).

Beberapa faktor pendukung lainnya yang membuat Pemkot Depok mendukung rencana tersebut salah satunya adalah agar pembangunan kota atau Kabupaten dapat berjalan dengan cepat mengingat pemerintah kota harus mengimbangi pekerjaannya dengan perkembangan penduduknya.

Selain daripada itu di kota Depok sendiri juga dalam waktu dekat ini juga akan segera melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di tingkat Kota pada 2 sampai dengan 3 Maret 2016 yang dilanjutkan dengan Musrenbang di tingkat provinsi pada 30 sampai dengan 31 Maret 2016 mendatang.

“Kami mendukung penuh rencana tersebut agar seluruh program Wali dan Wakil Walikota yang baru dapat terakomodir dengan baik dalam Musrenbang yang akan segera dilaksanakan pada Maret 2016 mendatang, baik itu di tingkat kota sampai dengan di tingkat provinsi,” jelasnya.

Perlu diketahui bahwa, pihak Kemendagri dalam upayanya tersebut telah mengagendakan pelantikan Kepala Daerah pemenang Pilkada serentak pada Januari 2016 bagi kota kota yang tidak memiliki sengketa atau permasalahan di dalam penyelenggaraan Pilkada di kotanya. Namun, apabila ada suatu kota yang memiliki sengketa di dalam Pilkadanya, maka mereka harus menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terlebih dahulu pada akhir Maret 2016 dan baru dapat diberikan putusan kapan akan dilantik para pasangan Pilkada terpilihnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: