Inilah Tanggapan Para Guru di Depok Mengenai Kurikulum Nasional Yang Baru

Inilah Tanggapan Para Guru di Depok Mengenai Kurikulum Nasional Yang Baru

HarianDepok.com – Berita , Kurikulum Nasional (KN) yang saat ini telah diberlakukan oleh Pemerintah Pusat disikapi oleh Kepala Seksi Sekolah Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Sada Sugianto dengan mendukung implementasi KN. Hal ini dinyatakannya sebab adanya perubahan kebijakan dalam penerapan KN, adalah sebuah upaya pemerintah untuk menghasilkan pendidikan yang lebih optimal kepada seluruh siswa siswi di bangku sekolah.

“Dengan adanya perubahan di kebijakan tersebut, sangat perlu sekali diterapkan ke seluruh pelajar agar dapat memotivasi mereka agar terus semangat dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Karena, setiap adanya perubahan ataupun program yang diberlakukan pastinya dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas intelektualitas para pelajar,” tuturnya di Depok Rabu (30/12/2015).

Menurutnya, beberapa yang harus dipersiapkan dalam merealisasikan hal hal tersebut agar dapat berjalan dengan baik dan maksimal adalah dengan memperhatikan para tenaga pendidiknya agar mereka dapat terus bekerja memberikan pendidikan yang baik kepada para siswa siswi agar dapat membentuk mereka sebagai generasi penerus yang mapan, matang dan mampu bersaing.

Selain daripada itu ada beberapa faktor penting lainnya yang harus diperhatikan dalam mewujudkan hal tersebut yang dimana kebutuhan sarana dan prasarana pendukung harus terpenuhi dan media pembelajaran yang sesuai agar mereka dapat lebih matang dan profesional.

Dengan diadakannya ketersediaan tenaga pengajar yang berkompeten, profesional dan ahli dibidangnya diharapkan dapat mengoptimalkan isi kurikulum secara utuh dan baik. “Untuk kekhawatiran pasti ada, namun, jika semua elemen yang ada ikut terlibat di dalam pelaksanaan kurikulum, dapar dipastikan segala keresahan dan kebingungan para tenaga pengajar dapat teratasi,” ujarnya.

Sementara itu, Junita, salah satu tenaga pengajar di Sekolah Menengah Negeri 2 Depok saat dikonfirmasi oleh rekan media dilapangan mengatakan,  bahwa revisi mengenai kurikulum saat ini terbilang cukup positif sebab menurutnya program yang sudah berjalan dengan baik akan dapat lebih baik lagi jikalau ada perbaikan kembali.

“Kurikulum itu kalau diperhatikan banyak sekali perangkatnya. Pemerintah saat ini baru menemukan sejumlah permasalahan di kurikulum 2013 yang didalamnya terdapat kekurangan bahan ajarnya, maka buku ajarannya langsung diperbaiki. Ini menurut saya adalah salah satu metode penyempurnaan agar dapat lebih baik,” jelasnya.

Maka daripada itu Junita meminta kepada seluruh pihak agar tidak selalu berpandangan negatif terhadap perubahan kurikulum yang ada saat ini, karena perubahan di dalam kurikulum tersebut terjadi bukan karena faktor kesengajaan melainkan adanya permasalahan yang timbul diluar dugaan yang misalnya buku pelajaran yang kurang mutunya atau sebagainya. Oleh sebab itu, pemerintah selaku instansi yang berwenang sudah sepatutnya untuk melakukan perubahan agar dapat memberikan pendidikan yang lebih baik lagi kepada generasi penerus.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)