5 Cara Mudah Cegah Penularan Kutu Kemaluan

5 Cara Mudah Cegah Penularan Kutu Kemaluan

ilustrasi

HarianDepok.com – KesehatanSeperti yang yang diketahui, bahwa penularan utama kutu kemaluan dilakukan lewat media hubungan seksual. Oleh sebab itu, harus lebih berhati-hati ketika melakukan hubungan seksual akan menjadi cara pencegahan utama yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari penularan kutu kemaluan. Selain itu, melakukan tindakan pencegahan adalah hal yang lebih baik daripada mengobati. Seperti yang dilansir dari hellolife.net, berikut adalah lima tips yang dapat gunakan untuk mencegah penularan kutu kemaluan.

  1. Setia dengan satu pasangan

Salah satu cara yang memudahkan penularan kutu kemaluan adalah seringnya berganti pasangan saat berhubungan seksual. Selain itu, dengan hanya memiliki satu pasangan seksual dalam jangka panjang akan mengurangi risiko terkena penyakit menular seksual(PMS).

  1. Lebih teliti pada kebersihan

Jika kamu berada jauh dari rumah, misalkan kamu singgah di hotel atau penginapan lainnya, cobalah untuk memeriksa seprei, handuk dengan hati-hati. Teliti lagi apakah pada area tersebut terdapat tanda-tanda hidupnya serangga, bintik darah, bintik cokelat maupun bintik hitam gelap.

  1. Menghindari perilaku seksual tak sehat

Untuk mencegah penularan kutu kemaluan melalui hubungan seksual, sebaiknya kamu menghindari perilaku seksual yang tak beraturan. Akan lebih baik lagi, jika kamu mengetahui sejarah hubungan seksual pasangan kamu. Jika perlu, sebelum kamu melakukan hubungan seksual, kamu meminta bukti bahwa pasangan kamu tidak memiliki sejarah penyakit menular seksual.

  1. Menggunakan perlindungan

Selalu menggunakan kondom saat berhubungan seksual merupakan hal yang tidak boleh kamu abaikan. Usahakan untuk memasang kondom sebelum melakukan kontak apapun saat berhubungan seksual. Meskipun, kondom tidak menutup rambut kemaluan, tetapi cara ini bisa kamu gunakan untuk melindungi diri dari penyakit seksual menular yang juga disebabkan oleh kutu kemaluan.

  1. Berikan batas wilayah pribadi

Cara ini bertujuan untuk membatasi diri dari berbagai aktivitas yang mungkin kamu anggap biasa. Cobalah untuk tidak berbagi tempat tidur atau pakaian dengan orang-orang yang mungkin memiliki kutu kemaluan.

Sekedar informasi, awal kemunculan kutu kemaluan ini dapat diobati dan tidak terlalu sulit untuk menghilangkannya.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: