KPUD Depok Menunggu Putusan Mendagri Terkait Pelantikan Pasangan Terpilih Pilkada Depok 2015

KPUD Depok Menunggu Putusan Mendagri Terkait Pelantikan Pasangan Terpilih Pilkada Depok 2015

HarianDepok.com – Berita , Usainya penetapan pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Depok oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Depok pada beberapa waktu lalu, meninggalkan sekelumit permasalahan mengenai kapan pelantikan pasangan terpilih yang seharusnya sudah dilaksanakan beberapa hari kemudian setelah adanya putusan dari KPUD Depok.

Sampai saat ini, KPUD Depok dalam menuntaskan kewajibannya sebagai pelaksana Pilkada, masih menunggu kabar kepastian dari Kementeian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Gubernur Provinsi Jawa Barat akan kepastian pelaksanaan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih dilakukan.
Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Depok, Suwarna dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan, merujuk kepada penetapn pasangan terpilih yang telah dilaksanakan pada 22 Desember 2015 kemarin, sudah diajukan pengesahannya kepada instansi terkait sehari setelah adanya penetapan pasangan.

“Untuk di kota Depok sendiri, penetapan pasangan calon yang terpilih sudah dilaksanakan pada selasa 22 Desember 2015 kemarin dan usulan pengesahan pemenangnya sudah diajukan dan dikirimkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kota Depok sehari setelah penetapan dilaksanakan yang jatuh pada 23 Desember 2015,” jelasnya kepada wartawan, Minggu (03/01/2016).

Menurut penjelasannya, bahwa untuk pelantikan pasangan terpilih saat ini adalah merupakan tanggung jawab dan wewenang pemerintah yang dalam hal tersebut sudah diatur ketentuannya di pasal 160 Undang Undang Nomor 8 Tahun 2015 yang isinya mengenai pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

“Dalam peraturan ttersebut telah dikatakan bahwa untuk pengesahan pasangan calon terpilih harus dilaksanakan selambat lambatnya 20 hari seusai dari pengusulan dan berkas yang diterima secara lengkap,” jelasnya.

Menurutnya, KPUD Depok dalam menjalankan tugasnya sebagai pelaksana kegiatan Pilkada mempunyai wewenang hanya sampai dengan pengusulan pengesahan pasangan terpilih saja dan untuk selanjutnya bukan merupakan tanggung jawab KPUD Depok lagi, melainkan kewenangan Mendagri dan Gubernur. Sampai dengan saat ini KPUD Depok masih belum melakukan komunikasi dengan Mendagri ataupun dengan Gubernur terkait permasalahan pelantikan pasangan terpilih.

“Saat ini, pengusulan pengesahannya baru saja dikirimkan oleh pihak kami kepada instansi terkait yang kami lakukan pada 23 Desember 2015 kemarin. Kami pun juga belum melakukan komunikasi dengan pihak Mendagri dan Gubernur terkait kapannya pelantikan pasangan terpilih akan dilangsungkan,” tuturnya.

Meski demikian, dirinya berharap hal tersebut akan segera terealisasikan, sehingga kota Depok dapat berjalan kembali dengan baik di bawah pimpinan yang baru.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: