Makerbot Kenalkan Printer 3D di Indonesia

Makerbot Kenalkan Printer 3D di Indonesia.

HarianDepok.com – Tekno , Makerbot memperkenalkan printer 3D printer di pasar Indonesia melalui distributor tunggalnya, PT Perdana Occitek. Printer tiga dimensi ini diklaim menjadi alat yang bermanfaat bagi arsitek untuk mempersingkat waktu dalam menyelesaikan karya-karya mereka.

“Printer 3D akan memfasilitasi para praktisi arsitektur di lapangan guna  membuat prototipe mereka,” kata Sugianto, selaku Direktur PT Perdana Occitek.

Selama acara launching, Occitek memperkenalkan dua jenis printer 3D, yakni Replicator 2 dan Replicator 2x. Yang pertama memiliki ukuran 11.2 x 6.1×6.0 inci dengan rangka baja dan sisi PVC untuk melindungi obyek yang akan dicetak. Printer jenis ini memiliki resolusi 100 mikron dan menggunakan plastik PLA philamen yang diklaim mampu mempertahankan bentuk cetak di bawah cuaca panas atau dingin. Repicator 2 ini dibandrol dengan harga sekitar Rp. 35 juta.

“Printer ini sangat kompatibel dengan perangkat lunak seperti Windows, Linux, dan Mac,” tambah Sugianto.

Printer 3D dengan jenis Replicator 2x memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dan harga yang lebih tinggi pula. Printer ini mampu mencetak objek dalam dua warna menggunakan bahan dari ABS dan PLA plastik. Printer 3D jenis ini dibandrol dengan harga Rp. 47 juta per unit.

Sugianto juga percaya bahwa tren printer 3D ini sejalan dengan perkembangan di industri kreatif seperti properti untuk industri film, video musik dan lain sebainya.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)