540 Ribu Anak di Kota Depok Mendapatkan KIA

540 Ribu Anak di Kota Depok Mendapatkan KIA

HarianDepok.com – Berita , Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mewujudkan kotanya sebagai Kota Layak Anak (KLA) saat ini akan segera direalisasikan dengan sejumlah program yang sudah dibentuknya sendiri. Salah satunya adalah dengan meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA) yang akan diterima oleh seluruh anak anak yang ada di kota Depok dengan batasan usia satu sampai dengan 17 tahun.

Di dalam KIA itu sendiri, kedepannya para anak yang memegangnya akan diberikan kemudahan dalam memperoleh sejumlah fasilitas penunjang hidupnya sampai dengan dewasa yang diantaranya adalah mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, kependudukan dan perbankan. Selain daripada itu, para anak juga akan diringankan dengan adanya diskon untuk pembelian sejumlah buku hanya dengan menunjukkan KIA kepada rekanan usaha yang ditunjuk oleh Pemkot Depok.

Menurut data yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok sebanyak 540 ribu anak sudah ditetapkan akan mendapatkan KIA yang akan mulai disistribusikan secara bertahap mulai dari Januari 2016 mendatang. Dengan adanya KIA di tangan seorang anak, maka mereka akan mendapatkan sejumlah fasilitas penunjang agar menjadi lebih ringan dan tidak terlalu membebankan perekonomian keluarga.

“KIA yang saat ini akan segera diterapkan dan disalurkan kepada anak anak yang terdaftar di seluruh wilayah kota Depok dengan batasan usia mulai dari satu sampai dengan 17 tahun ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan dan meringankan beban anak dalam mendapatkan sejumlah fasilitas penunjang hidupnya. Mulai dari fasilitas pendidikan, kesehatan sampai dengan perbankan,” tutur Kepala Disdukcapil kota Depok, M Munir di Depok, Selasa (29/12/2015).

Ia menambahkan, bahwa untuk mendapatkan KIA, anak anak yang berusia satu sampai dengan lima tahun hanya cukup melampirkan pas photo dan mendaftar langsung di Kelurahan tempat mereka tinggal. Sedangkan untuk anak dengan usia lima sampai dengan 17 tahun, wajib melakukan perekaman foto di Kelurahan tempat mereka tinggal seperti layaknya membuat e-KTP. “Untuk acara perdananya akan kami gelar pada Januari mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail pada saat dikonfirmasi mengenai perihal KIA yang akan disalurkan dalam waktu dekat ini mengatakan bahwa setiap anak yang menunjukkan KIA disejumlah tempat pelayanan pendidikan, kesehatan akan mendapatkan diskon sebanyak 10 persen seperti halnya membeli sebuah buku atau mendaftarkan diri di sejumlah lembaga pendidikan dengan biaya terjangkau.

“KIA jumlahnya untuk kota Depok saja sudah mencapai ratusan ribu. Kartu ini adalah untuk menunjang kota Depok menjadi Kota Layak Anak. Semoga dengan adanya KIA nanti bukan hanya dapat mewujudkan kota Depok sebagai KLA saja melainkan dapat menciptakan generasi generasi penerus yang baik, tidak kesulitan dalam mendapatkan fasilitas penunjang hidupnya seperti kesehatan dan pendidikan,” tutupnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)