Sebuah Bom Meledak di Alun-Alun Kota Bandung Pada Malam Tahun Baru 2016

Sebuah Bom Meledak di Alun-Alun Kota Bandung Pada Malam Tahun Baru 2016

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Di kawasan Alun-alun, Kota Bandung sebuah benda yang diduga bom rakitan meledak. Insiden ini terjadi ketika ribuan warga tengah menikmati momen malam pergantian malam Tahun Baru 2016. Beruntung dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa. Ledakan yang diduga dari bom rakitan tersebut terjadi sekitar pukul 01.20 WIB. Diduga pelaku sengaja meletakkan benda tersebut di bawah kendaraan Suzuki APV milik salah satu stasiun televisi.

Kendaraan operasional untuk peliputan malam tahun baru tersebut terparkir beberapa meter dari Rumah Dinas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Kapolda Jabar Irjen Pol Moechgiyarto mengungkapkan, benda yang meledak tersebut diduga bom rakitan. Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), bahan yang ditemukan pada bom yang diduga rakitan tersebut sudah mendekati 80%.

“Dugaan sementara, 80% sudah mendekati rakitan bom. Hanya kami belum pastikan. Nanti ahlinya Labfor yang memastikan apakah itu bom atau bukan, karena ternyata hanya ledakan kecil. Tapi kalau itu ledakannya sempurna mungkin terbakar,” tuturnya. Dia menyebutkan, tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri sudah mengamankan sejumlah barang bukti di lokasi kejadian.

Temuan barang bukti tersebut sudah dikirim dan dibawa ke Labfor untuk selanjutnya diindentifikasi dan diperiksa. Moechgiyarto juga mengaku dalam kasus ini turut melibatkan Densus 88 untuk ikut mengidentifikasi jenis bom itu. Sedangkan menurut Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Angesta Romano Yoyo mengungkapkan, masih melakukan penyelidikan atas kejadian tersebut. Kepolisian belum bisa menyebutkan benda yang diduga bom itu memang dilakukan pihak tertentu untuk mengacaukan kondisi keamanan di Kota Bandung.

Yoyo mengatakan, dari hasil pemeriksaan, petugas sudah mengamankan benda berupa kaleng, baterai, dan paku-paku kecil. Selain itu, 11 saksi mata juga sedang dimintai keterangannya terkait ledakan tersebut. Tim Puslabfor (Pusat laboratorium forensik) Mabes Polri didatangkan ke lokasikejadian untuk melakukan penyelidikan dari bom yang memiliki daya ledak rendah.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok