Pemkot Depok Ingin Depok Menjadi Kota Ramah Lansia

Pemkot Depok Ingin Depok Menjadi Kota Ramah Lansia

HarianDepok.com – Berita , Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mewujudkan kotanya sebagai Kota Ramah Lansia (KRL) saat ini terus melakukan sejumlah kegiatan pendukung hal tersebut. Rencananya, Pemkot Depok menargetkan pada tahun 2016 hal tersebut dapat terwujud dan terpenuhi secara penuh sehingga dapat menjadikan kota Depok sebagai kota penunjang Ibukota yang selangkah lebih maju.

Seperti yang diketahui bahwa kota Depok sendiri untuk dapat menjadikan kotanya sebagai Kota Ramah Lansia telah berupaya meningkatkan sejumlah fasilitas pendukungnya seperti diadakannya taman taman kota, pelayanan kesehatan yang mumpuni bagi seluruh masyarakat kota Depok tak terkecuali para lansia.

Peneliti Centre for Ageing Studies (CAS) Universitas Indonesia UI, Damona K Poespawardaja saat dikonfirmasi oleh rekan media dilapangan mengatakan, upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mewujudkan ambisinya menjadikan kota Depok sebagai Kota Ramah Lansia turut dipengaruhi oleh kebijakan pemimpin di daerahnya.

Guna merealisasikan hal tersebut, para pemimpin kota harus mempunyai sikap yang stimultan agar dapat merealisasikan program yang bertujuan ke arah tersebut yang salah satunya adalah Pemkot Depok haruslah dapat mempercepat proses penerbitan peraturan daerah (Perda) yang mengenai lansia sehingga dalam waktu dekat ini, proyek tersebut dapat terwujud dengan baik.

“Untuk melakukan pencapaian yang maksimal, dibutuhkan keberanian moral yang kuat dari para pemimpin daerahnya itu sendiri agar dapat membuatkan satu kebijakan yang mengatasnamakan kepentingan umum dan bukan individual,” tuturnya di Depok, Senin (28/12/2015).

Damona pun mengatakan, bahwa Pemkot Depok baiknya harus menyiapkan sejumlah fasilitas penunjang terlebih dahulu untuk mendukung keberadaan para lansia yang ada di kota Depok. Ini ditujukan agar seluruh lansia yang ada dapat terpenuhi hak haknya yang diantaranya adalah adanya fasilitas Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) dan membangun sejumlah hunian untuk para lansia yang terlantar.

“JPO ramah lansia di Depok sampai dengan saat ini memang baru ada satu saja yang sudah berdiri namun masih bisa diikuti oleh yang lainnya. Namun, diharapkan untuk pembangunan dan peningkatan fasilitas terhadap upaya tersebut jangan hanya berfokus di satu titik saja, melainkan harus bisa menyeluruh,” katanya.

Ia juga menyarankan kepada Pemkot Depok agar dalam pembuatan Peraturan Daerah (Perda) mengenai lansia sedapat mungkin harus dicermati, jangan sampai kota Depok menjadi kota incaran perpindahan para lansia dari kota kota lainnya yang mengakibatkan beban kota Depok bertambah sehingga dapat memperlambat laju perekonomian dan perkembangan kota.

Guna merealisasikan hal tersebut, dirinya mengharapkan agar seluruh dinas dan perangkat daerah terkait untuk dapat bekerjasama mewujudkan kota Depok sebagai Kota Ramah Lansia yang baik dan tidak hanya sebatas pembicaraan hangat di media saja.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)