Jelang Malam Perayaan Pergantian Tahun Baru di Depok, Pedagang Terompet dan Kembang Api Bertebaran

Jelang Malam Perayaan Pergantian Tahun Baru di Depok, Pedagang Terompet dan Kembang Api Bertebaran

HarianDepok.com – Berita , Menjelang perayaan pergantian tahun di bulan Desember 2015 ini banyak dimanfaatkan oleh sejumlah pedagang musiman untuk berjualan pernak pernik tahun baru seperti kembang api dan terompet yang menjadi tradisi pada saat menyambut malam pergantian tahun. Hal ini banyak dilakukan lantaran di saat seperti ini banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari hasil menjual barang tersebut ketimbang yang lainnya.

Sutoyo (45th) Warga kota Depok asal Wonogiri yang telah lama berdagang berbagai macam benda di sejumlah lokasi keramaian di kota Depok mengaku, bahwa dirinya sengaja mengalihkan barang dagangannya yang digantikan dengan sejumlah pernak pernik untuk menyambut malam tahun baru seperti terompet, kembang api dan sejumlah benda pendukung lainnya lantaran banyak mendapat keuntungan daripada menjual barang yang biasa ia dagangkan sehari hari.

“Kalo cuma di hari hari biasa, saya hanya menjual barang yang biasa dibutuhkan untuk kebutuhan peralatan rumah tangga seperti ember, gayung, alat masak dan yang lainnya. Melihat adanya acara pergantian tahun ini, ya saya harus beralih berjualan barang yang paling dicari pada saat merayakan malam pergantian tahun seperti terompet, kembang api dan pernak pernik lainnya,” ujarnya, Sabtu (26/12/2015).

Sementara itu, Kapolresta Depok, Komisaris Besar Polisi Dwiyono dalam mengamankan wilayah kota Depok dari sejumlah benda yang berbahaya seperti petasan berdaya ledak rendah maupun tinggi telah rutin melakukan sejumlah kegiatan operasi petasan di sejumlah lokasi. Dari hasil kegiatan tersebut selama kurang lebih dua pekan ini, pihaknya berhasil mengamankan ratusan petasan berdaya ledak rendah yang dijual bebas di pasaran.

Guna mengantisipasi akan timbulnya hal hal yang tidak diinginkan, pihaknya pun terus melakukan razia petasan di seluruh wilayah kota Depok termasuk di daerah Citayam yang berdekatan dengan parung yang diduga menjadi tempat perindustrian petasan berdaya ledak rendah dan tinggi. Dan lagi lagi, petugas pun juga telah berhasil mengamankan sejumlah petasan berdaya ledak tinggi yang dijual bebas di pasaran seperti petasan teko dan sejenisnya.

“Menjelang perayaan pergantian tahun baru saat ini, kami akan terus melakukan pengamanan dan melancarkan razia petasan ke sejumlah titik yang dianggap sebagai tempat beredarnya barang barang terlarang tersebut. Untuk melakukan hal tersebut, kami telah mengkoordinasikan kepada seluruh Kapolsek yang ada untuk segera melakukan penertiban di wikayahnya masing masing,” ujarnya.

Dengan menekan peredaran petasan berdaya ledak rendah dan tinggi di wilayah kota Depok, diharapkannya dapat menciptakan suasana perayaan malam tahun baru menjadi lebih kondusif, aman dan tertib serta terbebas dari segala macam gangguan yang diakibatkan oleh suara petasan yang saat ini dilarang dan diatur penggunaannya oleh undang undang.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: