DKUP Kota Depok Terus Tingkatkan Citra Pasar Tradisional di Mata Masyarakat

DKUP Kota Depok Terus Tingkatkan Citra Pasar Tradisional di Mata Masyarakat

HarianDepok.com – Berita , Guna meningkatkan kenyamanan dan keindahan di sejumlah pasar tradisional yang berdiri di wilayah kota Depok, Dinas Koperasi UMKM dan Pasar (DKUP) kota Depok terus melakukan pembenahan di sejumlah fasilitas yang ada di pasar tradisional sehingga diharapkan dapat meningkatkan citra pasar tradisional yang selama ini sangat umum dikenal dengan kumuh dan kotor.

Untuk mengubah mindset masyarakat terhadap pasar tradisional, DKUP kota Depok pun mengaku bahwa peran serta masyarakat, pedagang dan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok amatlah penting guna mewujudkan citra pasar tradisional yang awalnya terlihat kumuh dan kotor menjadi lebih bersih, nyaman dan indah untuk dikunjungi oleh konsumen.

Kepala Seksi Pelayanan Pasar DKUP kota Depok, Adhyastia mengatakan bahwa untuk menciptakan perubahan terhadap pasar tradisional yang ada saat ini adalah merupakan tanggung jawab semua pihak. Baik itu masyarakat, Pemerintah maupun para pedagangnya sendiri. Maka daripada itu, pihaknya mengajak sejumlah pihak untuk dapat berpartisipasi membangun pasar tradisional agar menjadi lebih bersih, indah dan nyaman untuk dikunjungi.

“Untuk meningkatkan kualitas di pasar tradisional harus diperhatikan beberapa aspek, mulai dari menjaga kebersihan lokasi, keamanan dan kenyamanan pun harus dijaga sebaik mungkin. Jika pasar sudah melakukan hal hal tersebut dan menjaganya sebaik mungkin, sangat dipastikan para konsumen akan lebih banyak berdatangan,” ujarnya.

Adhyastia juga mengungkapkan bahwa kota Depok yang sampai dengan saat ini telah mendapatkan penghargaan kebersihan yaitu Piagam Adipura yang meliputi kebersihan kota dan sejumlah tempat umum yang lainnya adalah merupakan hasil dari sejumlah point yang dinilai oleh tim penilai pada waktu itu yang dimana pasar tradisional juga menjadi penilaian para tim penilai.

“Jadi pasar di kota Depok sudah diintervensi oleh Pemkot Depok agar dapat lebih baik lagi. Beberapa hal yang diperhatikan diantaranya adalah pengelolaan dan pemilahan sampah. Tak hanya disitu saja pembinaan dan pelatihan kepada para pedagang juga sudah menjadi program Pemkot Depok guna mewujudkan pasar tradisional yang nyaman,” katanya.

Ia pun menambahkan bahwa sampai dengan saat ini kesan negatif dan kumuh yang biasa dapat ditemui di sejumlah pasar tradisional, kini berangsur angsur mulai terkikis karena adanya perbaikan dan penataan di sejumlah pasar yang diantaranya telah memiliki kondisi fisik yang baik. Selain daripada itu, di sejumlah pasar tradisional pun juga sudah mulai memperhatikan dan menjaga lingkungannya agar selalu bersih.

“Semua ini sengaja dilakukan dengan tujuan agar pasar tradisional yang ada di wilayah kota Depok tidak kalah saing dengan pasar pasar modern. Dengan adanya kerjasama yang baik antara Pemkot Depok, pedagang dan masyarakat, dapat dipastikan pada beberapa tahun kedepan pasar tradisional akan mampu menyaingi pasar modern yang ada,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)