Membaca Segunung Buku Di Perpustakaan Spijkenisse Belanda

membaca-segunung-buku-di-perpustakaan-spijkenisse-belanda

HarianDepok.com – Berita Unik – Perpustakaan umumnya memiliki koleksi buku yang sangat banyak dan beragam. Tetapi di antara perpustakaan lain, mungkin hanya Spijkenisse di Belanda yang pantas dijuluki sebagai perpustakaan yang memiliki koleksi buku segunung.

Berada dekat dengan wilayah pelabuhan di Rotterdam, Spijkenisse merupakan sebuah perpustakaan umum yang memiliki penataan buku yang sangat unik. Buku di perpustakaan tersebut disusun bagai sebuah gunung dengan bentuk segitiga. Penataan yang tidak biasa tersebut dipakai untuk menyesuaikan dengan bentuk luar bangunan yang berbentuk piramida.

Spijkenisse amusingplanet.com

Dilansir dari Amusing Planet, bagian dalam perpustakaan ini terdiri dari lima lantai rak buku yang dihubungkan oleh susunan tangga, jalan, dan beranda dengan panjang total 480 meter dan dibangun secara spiral hingga ke puncak piramida. Bagian luarnya sendiri terdiri dari susunan kaca dengan struktur baja sehingga rak-rak buku yang terdapat dalam bangunan dapat terlihat hingga bagian luar.

Spijkenisse amusingplanet.com

Bentuk yang unik ini digunakan juga untuk menarik perhatian orang agar mau masuk ke dalam perpustakaan dan menikmati bacan yang disediakan. Selain sebagai perpustakaan, bangunan ini juga menyediakan pusat pendidikan lingkungan, klub catur, auditorium, balai pertemuan, dan gedung perkantoran yang berada di bagian bawah perpustakaan. Kaca-kaca yang digunakan juga membuat bangunan ini jadi hemat energi dan ramah lingkungan.

Spijkenisse amusingplanet.com

Dengan bentuk yang sangat menarik dan koleksi buku yang dibuat menggunung, perpustakaan ini akan dapat menarik dan membuat lebih banyak orang datang ke tempat tersebut dan jadi gemar membaca.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer