Atap Bangunan Ini Ternyata Bisa Digunakan Sebagai Sirkuit Balap

atap-bangunan-ini-ternyata-bisa-digunakan-sebagai-sirkuit-balap

HarianDepok.com – Berita Unik – Sekilas tidak ada yang aneh dari tampilan luar bangunan ini. Bentuk bangunan yang kokoh dan gaya yang klasik dianggap wajar karena dulunya gedung tersebut merupakan pusat dari perusahaan mobil terbesar di Eropa pada masa itu. Tetapi selain sebagai sebuah gedung tempat itu juga merupakan sebuah sirkuit balap di bagian atap.

Dilansir dari Amusing Planet, gedung bernama Lingotto yang berada di Turin, Italia ini merupakan gedung yang dimiliki oleh Fiat. Dibangun mulai tahun 1916 hingga 1923, gedung ini merupakan salah satu bangunan pertama yang sepenuhnya menggunakan beton. Bagian atap gedung ini juga dimaksudkan sebagai sebuah tempat uji coba untuk mobil-mobil buatan Fiat sehingga memiliki bentuk layaknya sebuah sirkuit balap.

Gedung Lingotto rpbw.com

Bagian bawah gedung tersebut dimaksudkan sebagai sebuah pusat pengembangan dan perakitan mobil sebelum kemudian dilakukan uji coba pada bagian atap. Terdapat lima lantai pada bangunan yang menjelaskan lima tahapan sebelum kemudian dilakukan uji coba pada mobil yang telah dianggap layak.

Lingotto motoblog.it

Tidak hanya mobil biasa sehari-hari yang melakukan tes di lintasan tersebut, bahkan disebutkan bahwa pada 1954 pernah dilakukan pengujian terhadap mobil balap yang diproduksi oleh Fiat di tempat tersebut. Selama aktif, pabrik Lingotto telah berhasil melahirkan lebih dari 80 jenis mobil.

Lingotto thecharnelhouse.org

Produksi terakhir yang dilakukan di pabrik tersebut adalah pada tahun 1979 sebelum kemudian Lingotto ditutup tiga tahun kemudian. Saat ini bangunan tersebut telah diubah sebagai sebuah kompleks hiburan modern yang berisi gedung konser, teater, aula pertemuan, pusat perbelanjaan, serta hotel. Tetapi walaupun bagian bawah telah berubah, lintasan di atap bangunan masih tetap ada dan dapat dikunjungi.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer