Program ASI Esklusif Digalakkan Terus di Kota Depok

Program ASI Esklusif Digalakkan Terus di Kota Depok

HarianDepok.com – Berita , Upaya Pemerintah Pusat dalam menggalakkan Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif saat ini marak sekali disuarakan di sejumlah media, mulai dari media TV, media cetak sampai dengan sejumlah reklame yang sengaja dipasang di sejumlah tempat umum demi mendapatkan perhatian dari masyarakat akan pentingnya menjalankan program ASI Eksklusif dimanapun.

Di kota Depok sendiri pun terlihat mendukung adanya program tersebut yang dimana pemberian ASI Eksklusif kepada bayi yang berusia 0 sampai dengan 6 bulan sangatlah penting guna mendukung perkembangannya agar tumbuh sehat dan baik. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pun saat ini juga menyerukan kepada seluruh pengelola rumah sakit agar ikut mensukseskan program tersebut.

Ketua Badan Kerja Peningkatan Penggunaan ASI (BK PP-ASI), Dien Sanyoto mengatakan, program tersebut amatlah penting untuk diterapkan di seluruh rumah sakit dan klinik yang ada karena di tempat tersebut kerap menjadi tempat pertemuan pertama antara sang anak dengan orangtuanya pada saat pemberian ASI kepada anak.

Hal inilah yang menjadi salah satu faktor dimana untuk mensukseskan program ASI Eksklusif dapat dimulai dari tempat tersebut. Maka daripada itu Rumah Sakit atau klinik harus dapat menerapkan sepuluh langkah menuju keberhasilan menyusui dengan harapan para bayi yang baru dilahirkan dapat terbiasa mengkonsumsi ASI yang diberikan oleh ibunya.

“Program ini harus diterapkan agar supaya para bayi tidak mengkonsumsi susu formula yang kualitasnya jauh lebih rendah ketimbang ASI Eksklusif. ASi Eksklusif selain sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang sang anak, pemberian ASI Eksklusif juga dapat mempererat hubungan batin antara anak dengan ibunya,” tuturnya di Depok, Jum’at (25/12/2015).

Guna meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak, Dien pun juga menghimbau kepada seluruh para orangtua dan pelaksana di lapangan untuk tidak memberikan makanan ataupun minuman kepada anak selain ASI terkecuali ada beberapa hal yang terpaksa dilakukan karena suatu sebab.

Selain daripada itu dirinya juga meminta kepada rumah sakit dan klinik untuk dapat menerapkan rawat gabung kepada anak dan ibunya dengan maksud agar dapat terjalin tali kasih antara ibu dan anak. Selain itu hal tersebut juga dimaksudkan agar mempermudah sang ibu dalam memberikan asupan ASI kepada anaknya.

Dengan diterapkan program tersebut di seluruh rumah sakit dan klinik, diharapkannya dapat meningkatkan kesadaran para orangtua dalam pemberian ASI Eksklusif kepada anak anaknya yang baru saja lahir agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)