Sekda Depok Himbau Para Orangtua Awasi Penggunaan Jejaring Sosial Anaknya Dengan Bijak

Sekda Depok Himbau Para Orangtua Awasi Penggunaan Jejaring Sosial Anaknya Dengan Bijak

HarianDepok.com – Berita , Maraknya penggunaan perangkat pintar berbasis internet seperti sejumlah aplikasi jejaring sosial maupun yang lainnya dapat menyebabkan kurangnya pergaulan dan sosialisasi di lingkungan tempat tinggal maupun di tempat umum yang lainnya akibat minimnya melakukan komunikasi langsung secara tatap muka.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Harry Prihantoro dalam menanggapi permasalahan tersebut mengatakan, dirinya kerap kali melihat ada sejumlah keluarga yang tengah berkumpul namun di masing masing anggota keluarganya terlihat sibuk dengan gadgetnya masing masing. Mulai dari hanya membaca status teman medianya sampai dengan mengupload sejumlah foto makanan yang mereka pesan.

“Kecenderungan terhadap penggunaan gadet saat ini dapat berdampak kepada sulitnya seseorang dalam melakukan sosialisasi langsung dengan masyarakat lingkungan sekitar sehingga dapat mengakibatkan jalinan dan hubungan terhadap masyarakat menjadi berkurang dan lama kelamaan dikhawatirkan akan menimbulkan dampak buruk,” katanya.

Harry juga mengatakan bahwa semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan perangkat canggih di kehidupannya melebihi batasan penggunaan akan berdampak kepada terjadinya perubahan budaya. Seperti yang diketahui bahwa di negara Indonesia sendiri sangat terkenal sekali dengan budayanya dalam silaturahmi karena sering berkomunikasi langsung bertatap muka.

Namun seiring berjalannya waktu dan kemajuan di dunia teknologi, hal tersebut sampai dengan saat ini terlihat semakin berkurang dan semakin terkikis oleh adanya perihal tersebut karena budaya berkomunikasi langsung telah tergantikan dengan adanya kehadiran perangkat IT yang mudah didapatkan dan terbilang canggih.

Harry pun mengingatkan kepada seluruh masyarakat khususnya warga kota Depok agar adanya perkembangan teknologi yang ada saat ini jangan sampai mengubah kepribadian diri menjadi sebuah karakter yang buruk. Selain daripada itu, perkembangan internet dan sejumlah aplikasi jejaring sosial yang ada harus dijadikan alat bantu yang positif bagi kehidupan masyarakat.

Harry juga menambahkan, peran orangtua dalam menyikapi adanya perkembangan teknologi saat ini harus dapat membatasi penggunaannya dengan bijak kepada anak anaknya agar dapat selalu mementingkan komunikasi langsung dengan bertatap muka ketimbang melalui perangkat canggih yang saat ini sangatlah mudah untuk didapatkan.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: