Razia Makanan Tak Layak konsumsi Polresta Depok dan Pemkot Depok Sidak Ke Sejumlah Swalayan

Razia Makanan Tak Layak konsumsi Polresta Depok dan Pemkot Depok Sidak Ke Sejumlah Swalayan

HarianDepok.com – Berita , Menjelang perayaan Tahun Baru 2016  pihak Polresta Kota Depok bersama sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bergabung menjadi satu dan menggelar kegiatan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar modern yang ada di kota Depok dengan sasaran utamanya adalah makanan berbahaya dan sudah melewati masa kadaluwarsa.

Kegiatan ini sengaja dilakukan oleh Pemkot Depok dan Polresta Kota Depok karena diduga pada perayaan Tahun Baru 2016 kerap dijadikan kesempatan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan pribadi dengan menjual sejumlah pangan berbahaya dan sudah melebihi batas masa kadaluwarsa.

Kepala Bidang Ekonomi Sekretariat Daerah kota Depok, Dwi Rachma mengatakan, dalam kegiatan yang dilakukannya pada saat ini adalah sebagai wujud upaya Pemkot Depok dalam membina dan mengawasi bahan pangan berbahaya dan produk berbahan dasar hewani yang dijual di kota Depok. Di dalam hasil kegiatan tersebut, petugas mendapati udang yang mengandung formalin 0,25 gram perliter.

Dalam rangka membina dan mengawasi bahan pangan yang beredar di sejumlah pasar yang ada di kota Depok, kami bersama sama dengan pihak Polresta Depok, melakukan sidak guna mencegah adanya bahan pangan berbahaya yang dijual bebas di pasaran. Dari pelaksanaannya, kami langsung menguji beberapa bahan pangan bersama sama dengan petugas dari Dinas Kesehatan,” ucapnya, belum lama ini.

Dari hasil sidaknya pada waktu itu, selain berhasil menemukan pangan yang dicampurkan dengan formalin, pihaknya juga menemukan sejumlah makanan ringan siap konsumsi sudah melewati masa kadaluwarsa yang berasal dari satu kota dan dua negara dimana satu makanan ringan berasal dari Kota Bekasi, Italia dan Korea. Di dalam sidak kali ini petugas juga mendapati sejumlah sayur mayur sudah membusuk dan masih dijual.

Guna mengantisipasi timbulnya permasalahan yang baru, petugas pun langsung segera melakukan pengamanan terhadap sejumlah pangan berbahaya dan tidak layak konsumsi tersebut agar tidak dibeli oleh kkonsumen. “Wortel, tomat, cabai, bayam, ayam boiler dan jagung manis kondisinya sudah tidak layak konsumsi. Sebagian kondisinya sudah membusuk dan berbau,” jelasnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polresta Depok, Kompol Vivick Tjangkung pada saat melakukan sidak tersebut langsung memerintahkan kepada pihak pengelola swalayan untuk segera menarik semua makanan yang tidak layak konsumsi dari pasaran seperti makanan ringan yang sudah melewati masa kadaluwarsa dan sejumlah sayur mayur yang sudah membusuk.

“Dalam hal ini, kami akan memanggil pihak pengelola untuk dilakukan interogasi mengenai makanan tidak layak konsumsi yang masih dijual di pasaran dan mendapatkan informasi mengenai distributor penyuplai bahan pangan tersebut agar dapat segera ditindaklanjuti oleh pihak kami,” tegasnya.

Dengan adanya kegiatan sidak yang dilakukannya saat ini. Diharapkan dapat menekan adanya peredaran bahan makanan berbahaya yang ada di wilayah kota Depok yang dapat merugikan konsumen dan merugikan kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)