Harga BBM Dipastikan Turun, Lalu Bagaimana Dengan Tarif Listrik?

Harga BBM Dipastikan Turun, Lalu Bagaimana Dengan Tarif Listrik?

HarianDepok.com – Bisnis , Pemerintah telah memutuskan untuk menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Premium dan Solar yang akan mulai berlaku pada 5 Januari 2016. Hal tersebut mempertimbangkan nilai tukar rupiah dan harga minyak dunia. Harga premium turun menjadi Rp 7.150 per liter dari harga semula Rp 7.300. Sementara harga baru solar menjadi Rp 5.950 dari harga sebelumnya Rp 6.700.

Lalu bagaimana dengan tarif listrik, apakah juga akan ikut turun?

Menurut Plt. Kepala Satuan Komunikasi Korporat PT PLN (Persero) Bambang Dwiyanto mengaku saat ini perseroan sedang melakukan perhitungan untuk menentukan tarif listrik pada awal Januari 2016.  Rencananya tarif listrik terbaru ini akan dirilis pada 31 Desember 2015. Ia belum dapat memastikan tarif listrik akan turun atau tidak.

Tetapi harga minyak adalah salah satu komponen yang digunakan oleh perseroan dalam menghitung penyesuaian tarif. “Kita tunggu saja, tapi yang kemarin-kemarin tarif juga turun yaitu pada bulan Agustus, September, dan Oktober,” ujar Bambang, Minggu (27/12/2015). Bambang menambahkan, penyesuaian tarif akan berlaku bagi kelompok pelanggan yang sudah tidak menikmati subsidi.

Karena sudah tidak disubsidi, tarif listrik pelanggan tersebut dapat naik turun setiap bulannya. Untuk pelanggan rumah tangga, tarif non subsidi berlaku untuk rumah tangga 1.300 voltampere (VA) ke atas. Demikian juga dengan pelanggan industri dan bisnis juga ikut terkena penyesuaian tarif.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: