Sejarah Manis Dibalik Sebatang Cokelat

sejarah-manis-di-balik-sebatang-cokelat

HarianDepok.com – Berita Unik – Cokelat merupakan salah satu makanan yang memiliki sejarah panjang. Walaupun saat ini dikenal dan disukai karena rasanya yang manis, tetapi pada awalnya cokelat memiliki rasa dan kisah yang pahit. Makanan yang berasal dari tumbuhan kakao ini pertama kali ditemukan dan dikembangkan pada sekitar tahun 1900 sebelum masehi. Tumbuhan ini ditemukan terdapat di wilayah yang saat ini menjadi Meksiko.

Cokelat baru menjadi manis ketika orang Spanyol mulai menemukan makanan tersebut melalui penjajahan yang mereka lakukan ke wilayah Meksiko. Pada saat itu cokelat juga mulai berkembang menjadi makanan bagi kaum bangsawan dan sebagai simbol kemewahan, kekayaan, dan kekuasaan dari bangsawan Spanyol.

Dilansir dari History, pada abad ke-15 hingga 16, Spanyol dapat memonopoli konsumsi dan penggunaan cokelat hanya terbatas pada kalangan mereka sendiri saja. Tetapi sejak pernikahan politik antara putri dari raja Prancis degan raja Louis XIII pada 1615, cokelat tidak lagi menjadi rahasia dan tersebar seantero Eropa. Sejak itu lah cokelat menjadi makanan khusus bagi bangsawan Eropa.

Cokelat baru benar-benar dinikmati oleh semua kalangan ketika seorang ahli kimia dari Belanda bernama Coenraad Johannes van Houten membuat mesin pengolah kakao yang akhirnya menimbulkan revolusi pada cara pembuatan cokelat. Mesin pengolah ini mampu mengeluarkan kandungan cokelat dalam kakao dan menjadikannya sebuah bubuk kering yang dapat dicampur dengan benda cair atau kandungan lain.

Cara yang dilakukan oleh Van Houten ini terbukti mampu membuat biaya produksi cokelat menjadi semakin murah dan makanan ini dapat dinikmati oleh seluruh kalangan. Cokelat mulai dibentuk dalam sebuah batangan sejak tahun 1874 oleh sebuah perusahaan dari Inggris bernama J.S. Fry & Sons. Perusahaan ini menggabungkan bubuk dan mentega dari kakao dan juga gula lalu kemudian dibentuk dalam bentuk batangan.

Pada era tahun 1800 dan 1900-an awal, beragam perusahaan cokelat yang terkenal mulai terbentuk. Masing-masing dari mereka menciptakan cara baru dalam mengolah dan memproduksi cokelat. Selain itu juga dilakukan berbagai inovasi untuk mengubah rasa cokelat dan membuatnya menjadi semakin manis.

Saat ini cokelat merupakan salah satu makanan yang paling mudah dijumpai di berbagai belahan dunia. Rasa manis yang muncul dari makanan ini juga sangat disukai baik oleh anak-anak maupun orang dewasa dan mampu mengantarkan kebahagiaan yang manis bagi hidup mereka.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer