Sembilan Kelurahan di Kota Depok di Prioritaskan Untuk Dijadikan ERHA

Sembilan Kelurahan di Kota Depok di Prioritaskan Untuk Dijadikan ERHA

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok saat ini tengah memprioritaskan sembilan wilayah yang ada di kota Depok untuk dijadikan area perbaikan Environmental Health Risk Assessment (ERHA) yang pada ke sembilan wilayah tersebut terdiri dari Kelurahan Duren Mekar, Kelurahan Sawangan, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kelurahan Cinere, Kelurahan Cipayung Jaya, Kelurahan Depok, Kelurahan Depok Jaya, Kelurahan Mekar Jaya dan Kelurahan Ratu Jaya.

Kepala Dinas Keseharan (Dinkes) Kota Depok, Noerzamanto Lies mengatakan, bahwa kesembilan wilayah tersebut akan mendapatkan penilaian dan pemetaan tingkat resiko yang mengacu kepada kondisi airnya, pencemaran akibat limbah domestik, pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga, baik atau buruknya saluran air, serta perilaku hidup bersih dengan mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih.

“Menurut hasil studi ERHA yang dilakukan oleh pihak kami dilapangan, ada sekitar sembilan wilayah ERHA yang akan diprioritaskan yang menyangkut kepada kondisi air, perilaku hidup sehat, saluran drainase, pencemaran akibat limbah domestik, pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga,” katanya.

Lies menjelaskan, studi ERHA sendiri adalah sebuah studi awal dalam membuat sanitasi agar menjadi lebih nyata dengan mengacu kepada sebuah survey partisipatif sampai di tingkat kota dengan maksud untuk memahami kondisi fasilitas sanitasi dan ke higienisan masyarakat kota Depok pada umumnya.

“Studi ERHA ini dimaksudkan untuk mendapatkan suatu gambaran kondisi suatu lingkungan terhadap fasilitas sanitasi yang ada dan perilaku masyarakat yang beresiko terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan serta bertujuan agar dapat memberikan advokasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menerangkan bahwa yang akan digali di dalam studi ERHA ini adalah mencakup beberapa akses dan kondisi sarana sanitasi yang telah ada yang diantaranya termasuk air bersih, jamban, air buangan, saluran pembuangan dan jasa pengumpulan limbah padat. Studi ERHA juga dimaksudkan unruk mengamati perilaku masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya yang berhubungan dengan kesehatan lingkungan.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: