Penurunan Harga BBM Tak Pengaruhi Tarif Angkutan

Penurunan Harga BBM Tak Pengaruhi Tarif Angkutan

HarianDepok.com – Bisnis , Menurut salah satu pengusaha angkutan umum di DKI Jakarta menilai bahwa penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar tidak akan memberikan dampak pada tarif angkutan. Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta Shafruhan Sinungan menuturkan,  dengan penurunan harga Premium yang hanya sebesar Rp 150 dan Solar sebesar Rp 750 dinilai terlalu kecil bila dibandingkan dengan kenaikan biaya operasional sepanjang tahun ini.

“Jadi penurunan BBM tidak pengaruh ke tarif. Kita malah bingung karena biaya operasional meningkat,” ucapnya di Jakarta, Jumat (25/12/2015). Ia mengungkapkan bahwa porsi BBM dalam struktur tarif angkutan umum kurang dari 20 persen. Sementara sepanjang tahun ini kenaikan spare part kendaraan sudah sekitar 30 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini juga salah satunya disebabkan oleh nilai tukar rupiah yang terus melemah terhadap dolar Amerika Serikat.

Walau demikian, Shafruhan menyebutkan Organda akan tetap melakukan kajian terkait kemungkinan untuk melakukan penyesuaian tarif, terutama unuk kendaraan umum yang menggunakan solar. Hal ini nantinya akan dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan (Dishub).

“Kita hitung untuk solar, itu kan efektif nanti Januari. Nanti sama Dishub. Solar ini kan untuk bus kota dan AKAP (angkutan antar kota antar provinsi). Untuk AKAP kan ada tarif atas dan tarif bawah. Kemungkinan dia bisa tidak pakai tarif atas, tetapi di tarif bawah. Ya penurunan bisa saja terjadi, tapi kita hitung dulu,” pungkasnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: