Misa Natal Katedral Berjalan Khidmat bersamaan Dengan Shalat Jumat di Istiqlal

Misa Natal Katedral Berjalan Khidmat bersamaan Dengan Shalat Jumat di Istiqlal

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta, berjalan dengan khidmat dan berlangsung bersamaan dengan shalat Jumat di Masjid Iqtiqlal yang letaknya berseberangan dengan rumah ibadah umat Kristiani tersebut. Misa Natal mulai dilangsungkan sejak pukul 11.00 WIB dan berjalan dengan lancar, demikian juga dengan shalat Jumat berlangsung seperti biasanya.

Juru bicara kepanitiaan perayaan Natal Gereja Katedral Jakarta Erik Muliawan mengatakan pihaknya menyiapkan tiga waktu ibadah Misa Malam Natal dan lima kali waktu Misa Hari Raya Natal. Misa Malam Natal diadakan pada pukul 17.00 WIB, 19.30 WIB, dan 22.00 WIB. Kemudian untuk jadwal Misa Hari Raya Natal pada pukul 06.00 WIB, 07.30 WIB, 09.00 WIB, 11.00 WIB, dan 18.00 WIB.

Sejak Jumat pagi, ribuan jemaat terus berdatangan ke gereja tersebut untuk beribadah. Para jemaat didominasi oleh rombongan keluarga. Kapolres Jakarta Pusat Komisaris Besar Hendro Pandowo mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir mengenai masalah lalu lintas ketika kedua kegiatan berlangsung. “Tidak ada masalah,” tegas Hendro di pos pengamanan Masjid Istiqlal.

Ia mengatakan, pihaknya masih mengerahkan 400 personel gabungan untuk melakukan penjagaan di sekitar Gereja Katedral. Jumlah tersebut, sama dengan jumlah aparat untuk pengamanan malam Natal, pada Kamis (24/12/2015). Untuk parkir, pengelola Masjid Istiqlal sudah menyediakan tempat parkir mobil bagi jemaat gereja yang akan melaksanakan ibadah dalam rangka Hari Natal. Hal tersebut dapat dilakukan sebagai bentuk toleransi yang dijalin antara Panitia Gereja Katedral dan pengelola Masjid Istiqlal.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok