PMI Cabang Depok Bantu Pemkot Sosialisasikan Bahaya Virus HIV/AIDS di Lingkungan Sekolah

PMI Cabang Depok Bantu Pemkot Sosialisasikan Bahaya Virus HIV/AIDS di Lingkungan Sekolah

HarianDepok.com – Berita , Untuk mencegah adanya penyebaran virus HIV/AIDS di wilayah kota Depok, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah melakukan sejumlah kegiatan pencegahan dengan melakukan sosialisasi dan himbauan ke sejumlah tempat yang salah satunya adalah di lingkungan sekolah dan kampus yang dianggap rawan akan timbulnya penyakit tersebut yang diketahui menular melalui hubungan intim dan jarum suntik.

Melihat dari sejumlah kegiatan pencegahan dan penanggulangan para penderita HIV/AIDS tersebut, pihak dari Palang Merah Indonesia (PMI) langsung menerjunkan petugasnya guna membantu Pemkot Depok dalam menangani permasalahan penyakit tersebut yang diketahui sampai dengan saat ini belum ada obatnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, PMI kota Depok terlihat tengah melakukan promosi kesehatan reproduksi dan HIV/AIDS ke sejumlah siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YAJ yang dimaksudkan agar siswa siswi dapat selalu menjaga alat reproduksinya dan menghindari terjangkitnya diri dari virus HIV/AIDS akibat seks bebas yang kerap dijadikan gaya oleh anak muda masa kini.

Kepala Seksi Pelayanan dan Administrasi Palang Merah Indonesia (PMI) kota Depok, Imron Maulana mengatakan bahwa untuk menyebarkan ilmu pengetahuan mengenai dampak dan kerugian yang ditimbulkan akibat virus HIV/AIDS pihaknya mengarah kepada sejumlah sekolah yang ada di kota Depok dengan harapan mampu menekan jumlah penderita HIV/AIDS. “Sampai saat ini, kami masih berfokus kepada pemberian edukasi di kalangan pelajar karena mereka rentan akan mendapatkan virus HIV/AIDS,” terangnya di Depok, Rabu (23/12/2015).

Ia juga mengungkapkan bahwa selain mudah terserang segala penyakit khususnya penyakit HIV/AIDS di kalangan pelajar selama ini dikarenakan oleh adanya kecenderungan sifat anak muda yang ingin tahu dan mau mencoba segala sesuatu hal yang baru. Selain daripada itu, perkembangan tubuh yang memasuki masa pubertas juga menjadi salah satu hal yang rawan terkena penyakit mematikan tersebut.

Oleh sebab itu, Imron memilih pemberian edukasi mengenai bahaya dan dampak dari virus HIV/AIDS di kalangan pelajar agar mereka tidak melakukan perilaku seks bebas di lingkungan sekolah maupun tempat tinggalnya yang menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit berbahaya tersebut.

“Harapan kami, setelah diadakannya penyuluhan kepada seluruh siswa siswi pelajar yang ada mengenai dampak dan kerugian yang ditimbulkan oleh virus HIV/AIDS, kedepannya mereka dapat mengenali dan mengetahui bahaya dari penyakit tersebut apabila tidak menjaga alat reproduksinya dari hal hal yang dapat menularkan virus HIV/AIDS,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)