Apple Bantah Menggunakan Program Spionase

Appel Bantah Menggunakan Program Spionase

HarianDepok.com – Tekno , Apple telah membantah tuduhan penggunaan program “Spy”di iPhone dan iPad. Tuduhan datang dari dokumen milik (NSA) Badan Keamanan Nasional yang dibocorkan oleh Edward Snowden, yang menyatakan Apple bekerja sama dengan NSA dalam menggunakan program backdoor untuk masuk sistem.

“Kami telah merancang iOS sehingga fungsi diagnostik tidak akan menganggu privasi pengguna dan keamanan, tapi masih menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk departemen TI, pengembang dan Apple untuk mengatasi masalah masalah teknis,” kata Apple dalam sebuah pernyataan resmi.

Tuduhan Spionase juga diarahkan ke perusahaan TI lainnya yang telah mulai khawatir tentang dokumen yang bocor. Ancaman keamanan data sering terjadi karena kepentingan tertentu dari pemerintah atau lembaga tertentu. Pihak ketiga biasanya disewa untuk mencuri data yang tersimpan dalam perangkat. Jika informasi dari dokumen-dokumen itu benar, maka bisa merusak reputasi perusahaan dan konsumen akan kehilangan kepercayaan.

Apple juga telah menanggapi klaim dari ilmuwan forensik dan penulis Jonathan Zdziarski bahwa NSA mungkin telah mengeksploitasi fitur di iOS untuk mengumpulkan data. Meskipun ia tidak secara langsung menuduh Apple, ia percaya Apple telah memasukan “program” mata-mata.

“Saya tidak menuduh Apple bekerja sama dengan NSA, namun saya menduga (berdasarkan dokumen yang dirilis) bahwa beberapa layanan ini MUNGKIN telah digunakan oleh NSA untuk mengumpulkan data tentang target potensial,” ucapnya dalam sebuah blog post.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)