Dinkes Depok Jalin Kerjasama Dengan BPJS

Dinkes Depok, Berita Depok, Pemkot Depok

HarianDepok.com – Berita , Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakatnya pada beberapa tahun silam telah mengeluarkan kebijakan mengenai diterbitkannya Kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang diperuntukkan kepada masyarakat yang tergolong kurang mampu agar mudah mendapatkan fasilitas pengobatan yang terjangkau dan tidak membebankan perekonomian si pemakai Jamkesda.

Saat ini, Jamkesda yang diluncurkan pada tahun 2010 silam, kini rencananya akan digabungkan menjadi satu dengan pelayanan BPJS yang sudah menyeluruh. Ini adalah salah satu komitmen Pemkot Depok dalam meningkatkan kualitas pelayanan di sektor kesehatan agar masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan fasilitas kesehatan di kota Depok.

Untuk merealisasikannya secepat mungkin, Pemkot Depok telah melakukan penandatanganan kesepakaran bersama dengan pihak BPJS Kesehatan yang diselenggarakan di aula Lantai I, Balaikoya Depok pada Selasa 22 Desember 2015 kemarin. Menurut informasi yang dihimpun bahwa penggabungan dua fasilitas jaminan kesehatan tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dalam persiapannya untuk hal tersebut mengaku sudah melaksanakan sejumlah kegiatan pencocokan data terhadap 188.660 peserta Jamkesda yang kedepannya akan dilebur dan dijadikan sebagai peserta BPJS. Selain itu, mereka pun mengakui telah melakukan sinkronisasi data dengan Disdukcapil guna memverifikasi data yang ada.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Noerzamantie Lies mengatakan, hasil data yang didapatkan dari Disdukcapil kota Depok terdapat sebanyak 187.465 orang dan sebanyak 270 orang masih belum memiliki NIK. Kedepannya, bagi yang belum terintegrasi akan segera disamakan dengan yang sudah ada dan untuk sementara waktu, kepada mereka akan dapat memanfaatkan sementara waktu Kartu Jamkesda dengan batas penggunaan hanya sampai 2016 saja.

Setelah rampungnya penandatanganan MoU, pihaknya akan segera melaksanakan validasi data untuk diproses lebih lanjut. “Dengan adanya nota kerjasama dan kesepakatan ini diharapkan dapat meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang dikhususkan kepada masyarakat yang tergolong kurang mampu agar dapat memanfaatkan fasilitas tersebut sampai ke rumah sakit,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail pun juga menyerukan hal yang sama bahwa dirinya sangat mengapresiasikan adanya kerjasama antara Dinkes kota Depok dengan pihak BPJS dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat kota Depok yang efektif dan efisien. Selain daripada itu hal tersebut juga diharapkannya dapat memperluas jaringan pelayanan kesehatan untuk masyarakat kota Depok.

Dengan diadakannya kerjasama tersebut dalam meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat kota Depok, diharapkan dapat membantu masyarkat kota Depok khususnya yang berasal dari keluarga yang kurang mampu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik tanpa membebankan keuangan mereka yang jauh daripada kata cukup.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: