Idris – Pradi Akan Dilantik Pada Juni 2016 Mendatang

Idris - Pradi Akan Dilantik Pada Juni 2016 Mendatang

HarianDepok.com – Berita , Dalam rapat pleno Rekapitulasi Surat Suara di Tingkat Kota hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Depok yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Depok di Hotel Bumi Wiyata, Depok pada minggu yang lalu telah menyatakan pasangan Idris – Pradi keluar sebagai pemenangnya dengan hasil suara terbanyak melebihi pasangan lawannya yaitu Dimas – Babai.

Namun, untuk melihat pasangan terpilih pemenang Pilkada Depok untuk dapat menduduki kursi orang nomor satu dan dua se kota Depok, masyarakat diharapkan untuk dapat menahan diri. Hal ini disebabkan oleh pasangan terpilih tersebut rencananya baru akan dilantik sebagai Wali dan Wakil Walikota Depok periode 2016 – 2021 pada Juni 2016 mendatang.

Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail dalam menanggapi adanya perihal tersebut mengatakan, bahwa Wali dan Wakil Walikota Depok yang terpilih pada Pilkada 2015 kemarin masih harus menunggu diresmikannya dirinya selepas pelaksanaan Pilkada serentak yang dilaksanakan di sejumlah kota kota yang lainnya. Diketahui bahwa di dalam pelaksanaan Pilkada serentak yang diselenggarakan di tahun 2015 ini, sebanyak 269 Kabupaten akan mulai dipimpin oleh Kepala Daerah pada Juni 2016.

“Pada akhir Januari 2016, masa jabatan dan tanggung jawab saya sebagai Kepala Daerah akan habis. Untuk mengisi kursi kosong sampai dengan diresmikannya pemimpin yang baru kota Depok akan diisi oleh pejabat (PJ) Walikota sementara waktu yang akan dipilih langsung oleh Gubernur Jawa Barat. Namun, sampai saat ini saya masih menunggu aturan resminya seperti apa,” tuturnya di Depok kemarin.

Nur menambahkan, merujuk kepada penyelenggaraan Pilkada serentak yang dilaksanakan pada tahun 2015 ini, Pemerintah Pusat bertekad untuk mewujudkan Pilkada serentak kembali di Indonesia pada tahun 2027. Dengan diadakannya acara Pilkada serentak se Indonesia tersebut, diharapkan dapat mempercepat proses pergantian jabatan Kepala Daerah dalam waktu yang bersamaan.

“Sampai saat ini kami masih memaklumi pelaksanaan Pilkada yang diselenggarakan di kota kota lainnya. Ada yang sudah menyelesaikannya di bulan Mei, ada juga yang sudah siap di bulan Juni bahkan ada juga sebagian yang sudah rampung di bulan Agustus lalu. Untuk di kota Depok sendiri, baru akan usai pada bulan Januari,” jelasnya.

Nur juga menjelaskan bahwa nantinya jabatan Walikota Depok untuk sementara waktu akan dibebankan kepada PJ yang terpilih langsung dari Gubernur Jawa Barat dengan memiliki tugas dan kewenangan yang sama seperti halnya Walikota Depok terpilih. Dan perlu ditegaskan kembali bahwa hanya ada PJ pengganti sementara waktu untuk menduduki posisi sebagai Walikota, sedangkan untuk wakilnya tetap dikosongkan. (Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)