Google Play Kena Teguran BPK Eropa

Google Play Kena Teguran BPK Eropa.

HarianDepok.com – Tekno – Android ,Komisaris Uni Eropa untuk Kebijakan Konsumen, Neven Mimica pada hari Jumat (25/7) mengatakan bahwa upaya Uni Eropa untuk menghentikan transaksi in-app yang dilakukan anak-anak tanpa bimbingan orang tua telah berjalan dengan baik.

Aplikasi semacam ini dapat didownload secara gratis, tapi ketika pengguna ingin menikmati fitur lain atau menambahkan nilai lebih ke permainan, mereka akan diminta untuk membayar sejumlah uang melalui transaksi kartu kredit. Jadi, mereka tidak benar-benar menggunakan aplikasi secara gratis.

“Anak-anak harus terus diawasi ketika bermain gadget online,” kata Neven.

Kerjasama Perlindungan Konsumen Uni Eropa (BPK) telah memutuskan bahwa game atau aplikasi yang diiklankan dengan label gratis harus benar-benar tak membutuhkan biaya. Meskipun terdapat tulisan download gratis, Uni Eropa melarang label “gratis” itu.

Sebagai tanggapan, Google telah menghilangkan istilah “gratis” dari game atau aplikasi dengan format-aplikasi di Google Play.

BPK juga menemukan informasi yang ambigu tentang permainan dan aplikasi di toko iTunes Apple. BPK mengatakan Apple harus memberikan rincian permainan dan aplikasi yang mereka tawarkan.

Apple kemudian merilis pedoman bagi pengembang aplikasi untuk memenuhi jika mereka ingin menjual aplikasi mereka di iTunes. Mereka wajib memberikan informasi yang lengkap tentang aplikasi yang mereka ciptakan.

“Untuk pengembang, peraturan ini mungkin sedikit memusingkan. Namun di sisi lain, peraturan ini bisa mendorong pengembang untuk lebih kreatif. Pengembang harus fokus pada gameplay, untuk menciptakan keterlibatan dan pendapatan peluang asli, bukan teknik monetisasi manipulatif, ” tutupnya.

[AndriIdaman/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)