Semburan Gas di TPA Cipayung Volumenya Semakin Menurun

Semburan Gas di TPA Cipayung Volumenya Semakin Menurun

HarianDepok.com – Berita , Adanya peristiwa semburan gas yang terjadi di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Depok, Jawa Barat pada beberapa waktu yang lalu, ditanggapi oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok yang langsung melakukan pengujian kandungan semburan gas apakah berbahaya bagi kesehatan manusia atau tidak.

Tak hanya itu saja, BLH kota Depok pun juga membagikan masker gratis kepada warga sekitar yang nantinya diperuntukkan untuk mencegah terciumnya bau tidak sedap yang dikeluarkan oleh semburan gas tersebut hingga radius 200 sampai dengan 300 meter. Hal ini dimaksudkan agar warga sekitar dapat terus melakukan kegiatannya sehari hari seperti biasa.

Semburan gas yang lokasinya berdekatan dengan lingkungan tempat tinggal penduduk yang tepatnya berada sangat dekat dengan Kampung Benda Barat, memaksa Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk segera mengambil langkah langkah pencegahan dengan tujuan agar menghindari timbulnya permasalahan baru yang disebabkan oleh semburan gas yang keluar secara deras ke wilayah pemukiman warga sekitar.

Meski demikian, bahwa pada saat BLH kota Depok telah mendapatkan data data yang akurat mengenai kandungan zat pada saat itu BLH langsung mengumumkan kepada masyarakat bahwa gas yang keluar tersebut masih terhitung tidak berbahaya dan dampak buruk sama sekali terhadap kesehatan masyarakat sekitar.

“Walaupun pada saat keluar hasil laboratorium mengenai sampel yang kami berikan kepada petugas kami untuk diselidiki lebih mendalam ternyata tidak mengandung zat berbahaya yang merugikan masyarakat, namun pembagian masker untuk mencegah terciumnya aroma tidak sedap tersebut dari gas yang keluar, kami terus membagikan masker gratis kepada sejumlah warga lingkungan sekitar,” ujarnya di Depok, Minggu (21/12/2015).

Sampai dengan saat ini, BLH kota Depok juga sudah berkoordinasi dengan sejumlah instansi pemerintah yang lainnya seperti Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral guna bersama sama menanggulangi permasalahan yang ada di TPA Cipayung. Dan sampai dengan saat ini, lokasi semburan gas masih terus diawasi oleh sejumlah petugas dan didatangu oleh warga sekitar guna melihat kejadian tersebut secara langsung.

“Dari hasil pantauan kami selama ini terhadap semburan gas di TPA Cipayung saat ini, terbilang kondisi tenaganya sudah semakin berkurang. Untuk semalam tadi, suara semburan dan gemuruhnya sudah menurun. Meski begitu kami pun masih terus melakukan pemantauan terhadap semburan gas. Semoga dalam waktu sepekan ini, volume gas yang keluar dari titik lokasi kejadian,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)