Perdana Menteri Ukraina Mengundurkan Diri

Perdana Menteri Ukraina Mengundurkan Diri

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Perdana Menteri Ukraina, Arseny Yatseniuk telah mengajukan pengunduran dirinya pada Kamis (24/7) lalu, ia menyalahkan parlemen karena gagal meluluskan undang-undang untuk mengambil kendali atas situasi energy yang semakin genting dan meningkatkan pembiayaan militer.

Yatseniuk mengatakan bahwa parlemen itu telah menempatkan masa depan Ukraina terlalu beresiko dengan memblokir undang-undang, seperti RUU untuk memungkinkan konsorsium dengan perusahaan-perusahaan Eropa atau AS untuk mengoperasikan perpanjangan sistem distribusi gas dan fasilitas penyimpanan Ukraina.

“Dengan tidak menangani pengeluaran anggaran, itu juga menempatkan nyawa tentara Ukraina dalam bahaya,” katanya.

“Ini tidak dapat diterima bahwa karena undang-undang belum disahkan, kita sekarang memiliki alat yang dapat digunakan untuk membayar tentara, dokter, polisi, kita tidak memiliki bahan bakar untuk kendaraan lapis baja, dan tidak ada cara untuk membebaskan diri dari ketergantungan pada gas Rusia,” tambahnya seperti dikutip oleh Reuters.

Pengunduran diri Yatsenyuk ini disetujui oleh Presiden Petro Poroshenko. “Masyarakat ingin mengulang penuh otoritas negara,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Pengunduran diri itu terjadi setelah partai nasionalis Svoboda dan (punch) Partai Udar mantan juara tinju Vitaly Klitschko menarik diri dari koalisi mayoritas di parlemen. Ini berpotensi meninggalkan lubang di jantung Ukraina, sebagai bangsa yang sedang berjuang untuk mendanai perang melawan pemberontak pro-Rusia dan mengatasi insiden MH 17 yang hingga sekarang masih dalam tahap penyidikan.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)