Ini Kota Yang Dibangun Pada Cekungan Bekas Meteor

ini-kota-yang-dibangun-pada-cekungan-bekas-meteor

HarianDepok.com – Berita Unik – Sebuah kota yang sudah memiliki usia ratusan tahun di Jerman ternyata dibangun pada sebuah cekungan yang merupakan bekas meteor. Namun ternyata sebelumnya warga kota tersebut mengira bahwa cekungan tersebut merupakan bekas ledakan gunung berapi.

Dilansir dari Amusing Planet, kota yang bernama Nordlingen ini berada di distrik Donau-Ries, Bavaria, Jerman dan merupakan tempat yang sangat berbeda dengan kota-kota lain. Sekilas memang bentuk bangunan abad pertengahan yang berada di situ layaknya kota lain di Jerman, hanya saja posisi kota tersebut yang berada dalam sebuah cekungan bekas meteor menjadi pembeda dari kota tersebut.

Saat ini kota tersebut memiliki penduduk 20.000 orang yang tinggal di dalam cekungan bekas meteor yang memiliki keliling sebesar 25 kilometer itu. Cekungan ini bernama Nordlinger Ries dan diperkirakan terbentuk pada 14,5 juta tahun yang lalu ketika meteor yang sangat besar menghantam bumi. Bukti tentang bekas meteor ini ternyata baru diketahui oleh penduduk kota pada sekitar 50 tahun yang lalu.

Nordlingen amusingplanet.com

Sebelum diketahui merupakan cekungan meteor, penduduk kota percaya bahwa kota mereka merupakan cekungan yang terbentuk secara vulkanik dari ledakan gunung berapi. Tetapi pada tahun 1960-an, terdapat dua ilmuwan dari Amerika yang menemukan bahwa batuan dan kondisi yang terdapat di kota tersebut hanya mungkin terjadi karena benturan meteor.

Selain posisinya yang unik, hal lain yang menarik dari kota ini adalah nuansa abad pertengahan yang belum hilang. Selain itu terdapat sebuah tembok yang mengelilingi pusat kota tersebut layaknya kota-kota abad pertengahan.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer