Tahun 2016 Pemerintah Akan Bangun 700 Ribu Rumah Murah

Tahun 2016 Pemerintah Akan Bangun 700 Ribu Rumah Murah

HarianDepok.com – Properti , Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mengalokasikan kenaikan anggaran subsidi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) alias Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) menjadi Rp 12,5 triliun di APBN 2016. Dengan dana tersebut, pemerintah optimistis bisa membangun 700 ribu unit rumah murah. Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Maurin Sitorus mengungkapkan,

pemerintah akan menjalankan dua skema dalam pembangunan rumah murah, yakni skema KPR FLPP dan subsidi selisih bunga. Pagu anggaran FLPP ini, kata Maurin naik dibanding tahun lalu yang dipatok Rp 5,1 triliun. Penyerapan anggaran subsidi KPR ini ludes untuk membiayai ratusan ribu unit rumah murah. Sedangkan khusus dari Bank BTN sendiri mencapai 441 ribu unit, plus dari Kementerian PUPR, pemerintah daerah dan lainnya sehingga mencapai lebih dari 600 ribu unit rumah.

Fasilitas pengajuan rumah murah adalah uang muka satu persen dari total harga rumah, fasilitas bantuan uang muka atau DP Rp 4 juta bagi PNS dan non PNS serta suku bunga rendah 5 persen sampai jangka waktu 20 tahun. Insentif lainnya bebas PPN 10 persen bagi rumah bersubsidi. Maurin mengaku, alokasi anggaran Rp 12,5 triliun tahun depan setara dengan satu persen dari total belanja pemerintah. Sedangkan di tahun ini Rp 5,1 triliun sama dengan 0,5 persen dari total belanja.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok