Tidak Ada Laporan Gugatan, Idris – Pradi Resmi Sebagai Pemenang Pilkada Depok

Tidak Ada Laporan Gugatan, Idris - Pradi Resmi Sebagai Pemenang Pilkada Depok

HarianDepok.com – Berita , Setelah mengumumkan pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Depok pada beberapa hari kemarin yang diselenggarakan di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat dengan penjagaan petugas kepolisian dan TNI yang ketat, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Depok akhirnya menetapkan pasangan Idris – Pradi yang masuk sebagai pemenangnya.

Idris – Pradi yang mendapatkan suara paling banyak ketimbang pasangan lawannya yaitu Dimas – Babai secara telak menaklukan lawannya di putaran Pilkada pada 09 Desember 2015 lalu. Rencananya, Idris dan Pradi akan dilantik bersama sama dengan pemenang Pilkada dari kota yang lainnya pada Januari 2016 mendatang.

Sampai dengan saat itu terjadi, KPUD Depok pun masih menunggu gugatan dari pasangan lawan ataupun dari pihak pendukung lawan terkait hasil rapat Pleno Rekapitulasi Suara yang menentukan pemenang Pilkada serentak 2015 ini. Hal ini merujuk kepada Undang Undang Nomor 8 Tahun 2015.

Maka daripada itu, pihak KPU akan membatasi waktu pelaporan berkas gugatan selama 3 x 24 jam atau sama dengan tiga hari usai digelarnya rapat Rekapitulasi Suara Tingkat Kota yang digelar pada Rabu kemarin. Dengan demikian, KPU Depok menyatakan bahwa sampai dengan Minggu (20/12/2015) ini, mutlak dimenangkan oleh Idris – Pradi tanpa adanya laporan gugatan dari pihak manapun.

Hal ini merujuk kepada pernyataan Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Depok, Ahmad Arief yang mengumumkan kepada wartawan bahwa untuk laporan gugatan yang masuk, selambat lambatnya harus dapat diterima oleh pihaknya pada Sabtu 19 Desember 2015. Dengan adanya hal tersebut, maka sampai dengan saat ini, kemenangan Idris – Pradi dianggapnya tidak ada gugatan dan sah.

Sebelumnya, Ahmad juga mengungkapkan bahwa apabila ada ketidak sepahaman dengan adanya keputusan KPU Depok mengenai penentuan pemenang Pilkada di kota Depok harus segera dilaporkan secepat mungkin kepada pihaknya guna diselidiki lagi lebih mendalam apakah ada kecurangan atau tidak. Namun, apabila sebaliknya, maka KPU sebagai instansi yang ditunjuk akan segera melakukan penetapan pemenang Pilkada Depok 2015 secara resmi.

“Kami tidak melarang siapapun untuk melakukan gugatan atas keputusan KPU mengenai Pilkada Depok 2015 ini. Semuanya berhak untuk melakukan gugatan jika memang adanya keberatan ataupun kesalahan perhitungan. Hal ini juga didasari oleh Undang Undang yang berlaku bahwa semua warga negara berhak untuk mendapatkan keadilan,” jelasnya.

Seperti yang diketahui bahwa dari hasil rapat Rekapitulasi Suara Tingkat Kota yang digelar oleh KPUD Depok di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Cawalkot Idris – Pradi menang telak dari lawan politiknya yaitu Dimas – Babai dengan hasil akhir Idris – Pradi mendapatkan jumlah suara sebanyak 411.367 suara, sedangkan Dimas – Babai hanya mendapatkan jumlah suara sebanyak 253.086 suara.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: