Google Doodle Hari Ini Peringati Hari Ibu

Google Doodle Hari Ini Peringati Hari Ibu

HarianDepok.com – TechNews , Peringatan Hari Ibu di Indonesia jatuh setiap tanggal 22 Desember 2015. Peringatan ini sebelumny telah diresmikan oleh Presiden Soekarno dengan tujuan untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Dalam rangka peringatan tersebut, mesin pencarian raksasa Google turut merayakan Hari Ibu lewat Doodle-nya. Dalam laman pencarinya, terlihat gambar animasi yang menggambarkan seorang ibu dengan anaknya atau induk dengan anaknya.

Google Doodle adalah animasi yang muncul ketika mulai membuka pertama kali laman mesin pencari Google. Animasi yang ditampilkan disesuaikan dengan tema pada hari tersebut. Hari Ibu merupakan hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, ataupun lingkungan sosialnya.

Menurut yang dikutip dari ensiklopedia bebas Wikipedia, peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebastugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya. Di Indonesia sendiri hari Ibu dirayakan setiap tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional.

Sedangkan di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti  Kanada, Australia, Jerman, Jepang, Italia, Belanda, Singapura, Malaysia, Hong Kong dan Taiwan,  Hari Ibu atau Mother’s Day dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei. Di sejumlah negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day diperingati setiap tanggal 8 Maret.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: