Sering Terjadi Gempa Susulan, Warga Tarakan Enggan Pulang ke Rumah

Sering Terjadi Gempa Susulan, Warga Tarakan Enggan Pulang ke Rumah

foto: tribunnews.com

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter yang mengguncang Kota Tarakan, Kalimantan Utara menyebabkan belasan rumah rata dengan tanah. Gempa susulan bahkan masih saja terjadi selama sepanjang hari. Akibatnya warga memilih tidak masuk ke rumah karena takut tertimpa material bangunan rumah. “Gempa susulan terakhir terjadi petang tadi. Lama getarannya hanya tiga detik dan hanya getaran kecil. Sejak petang tadi warga juga sudah kembali ke rumah,” ucap seorang warga Mulyadi Abdillah di lokasi, Senin (21/12/2015).

Mulyadi sendiri merasa beruntung rumahnya terbuat dari kayu. Sehingga aktivitas keseharian di rumahnya tidak terganggu walau gempa susulan terus terjadi. Ia mengungkapkan, ada 21 gempa susulan sejak gempa besar terjadi. “Saya masih bisa keluar masuk rumah dengan aman, karena rumah terbuat dari kayu. Tetangga saya yang rumahnya permanen atau semi permanen, banyak yang memilih beraktivitas di luar rumah,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, hampir semua rumah di Kota Tarakan mengalami keretakan. Selain itu, banyak bangunan berlantai lebih dari satu juga mengalami keretakan. “Memang banyak yang retak, karena di desain tidak untuk menghadapi gempa. Kita kan tahunya dari dulu Kalimantan ini daerah yang aman dari gempa,”pungkasnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok