Sempat Memanas, Setya Novanto dan Metro TV Akhirnya Sepakat Berdamai

Sempat Memanas, Setya Novanto dan Metro TV Akhirnya Sepakat Berdamai

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Setelah sempat memanas, ahirnya mantan Ketua DPR Setya Novanto dan manajemen Metro TV sepakat berdamai mengenai sengketa pemberitaan yang dilaporkan ke Dewan Pers. Hal tersebut tercantum dalam dua lembaran bertajuk “Risalah Penyelesaian Pengaduan Setya Novanto terhadap Metro TV dan metrotvnews.com”, Jumat (18/12/2015). Berdasarkan salinan surat tersebut, Dewan Pers sudah memeriksa semua produk jurnalistik Metro TV dan metrotvnews.com.

Sebelumnya pihak Novanto menganggap, berita di dua media tersebut telah mencemarkan dan berisi fitnah terhadap dirinya. Dewan Pers pun menganggap berita tersebut telah memenuhi standar dan tidak melanggar kode etik jurnalistik. Dewan Pers hanya mempersoalkan satu berita dari metrotvnews.com yang dianggap memerlukan konfirmasi subyek berita.

Berita tersebut berjudul “Mata Setnov Berkaca-kaca Jelaskan Kasus Pencatutan Nama Presiden”, yang ditayangkan pada Kamis (17/12/2015) pukul 10.28 WIB. Atas dasar penilaian Dewan Pers, baik pihak Novanto ataupun Metro TV menyepakati tiga poin. Pertama, Metro TV wajib melayani hak jawab pihak Novanto secara proporsional. Kedua, hak jawab Novanto harus disampaikan paling lambat 14 hari usai risalah ditandatangani.

Ketiga, pihak Novanto dan Metro TV sepakat menyelesaikan persoalan ini di Dewan Pers dan tidak membawanya ke jalur hukum, kecuali kesepakatan ini tidak dilaksanakan. Pemimpin Redaksi Metro TV, Putra Nababan pun memilih berkomitmen menjalankan kesepakatan tersebut. Putra juga berharap, pihak Novanto mencabut laporannya di Bareskrim Polri. Terlebih lagi, hal tersebut sudah tercantum di dalam risalah kesepakatan.

Sebelumnya diketahui Setya Novanto telah melaporkan Putra Nababan ke Bareskrim Polri pada Senin sore (14/12/2015). Novanto melaporkan Putra atas tuduhan pencemaran nama baik dan fitnah. Laporan tersebut dibuat oleh pengacara  Novanto, Razman Nasution. Pencemaran nama baik dan fitnah Novanto, kata Razman, terlihat pada pemberitaan Metro TV, beberapa waktu terakhir.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok