Tidak Hanya Sebagai Minuman Pria Ini Buat Kopi Dan Teh Jadi Lukisan

tidak-hanya-sebagai-minuman-pria-ini-buat-kopi-dan-teh-jadi-lukisan

HarianDepok.com – Berita Unik – Kopi dan teh adalah minuman yang sangat digemari oleh banyak orang di dunia. Tetapi selain sebagai minuman ternyata kedua minuman tersebut juga dapat digunakan untuk sebuah hal yang tidak terbayangkan sebelumnya, yaitu sebagai lukisan.

Seni melukis menggunakan kopi dan teh ini lahir dari Gerard Tonti seorang seniman asal Pittsburgh, Amerika Serikat. Dia telah berkarya selama sepuluh tahun dengan memanfaatkan warna yang muncul dari biji kopi dan daun teh untuk lukisannya. Dalam website-nya Tonti mengatakan bahwa melukis menggunakan kopi dan teh merupakan sebuah proses yang sangat rumit.

Gerard Tonti Gerard Tonti

Untuk menghasilkan warna yang berbeda-beda dalam karyanya, Tonti menggunakan berbagai macam jenis biji kopi dan daun teh. Perbedaan asal dan kandungan yang terdapat di dalam teh dan kopi tersebut melahirkan berbagai macam warna yang berbeda dan dia butuhkan. Hambatan lainnya adalah untuk mempertahankan warna tersebut agar tidak pudar terkena proses oksidasi dan paparan sinar matahari.

Setiap jenis teh dan kopi yang berbeda juga membutuhkan perlakuan khusus yang berbeda karena beragamnya jenis kandungan kimia di dalamnya. Karena sulitnya untuk menghasilkan sebuah karya ini maka Tonti menganggap bahwa dalam setiap lukisan akan terus terjadi perubahan dan perkembangan.

Hasil Lukisan Gerard Tonti Gerard Tonti

Proses pembuatan awal pada kopi dan teh ini juga serupa seperti pada minuman. Tonti memanggang biji kopi sebelum kemudian menumbuk dan menyeduhnya bagai sebuah minuman, hanya saja dia menjadikan kopi yang sudah diseduh tersebut sebagai tinta. Hal yang sama juga dilakukannya terhadap daun teh yang dimilikinya. Hanya saja terdapat perbedaan pada proses tersebutlah yang menjadikan dia memiliki berbagai warna untuk lukisannya.

Dari lukisan ini, Tonti membuktikan bahwa terdapat banyak cara lain untuk memanfaatkan kopi dan teh.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer