Sebanyak 447 Aparat Gabungan Dilibatkan Amankan Jalannya Rekapitulasi Suara di Tingkat Kota

Sebanyak 447 Aparat Gabungan Dilibatkan Amankan Jalannya Rekapitulasi Suara di Tingkat Kota

HarianDepok.com – Berita , Usai diselenggarakannya acara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di kota Depok yang digelar serentak oleh sejumlah kota lainnya pada 09 Desember 2015 kemarin, kini sebanyak 447 aparat gabungan yang terdiri dari kepolisian kota Depok dan TNI terlihat tengah mengamankan jalannya pleno rekapitulasi suara tingkat kota yang diselenggarakan di Hotel Bumi Wiyata, Depok pada Rabu 16 Desember 2015.

347 petugas yang berasal dari kepolisian kota Depok pun langsung membentuk strategi pertahanan untuk mengantisipasi adanya kekacauan pada saat pleno rekapitulasi suara Pilkada dilangsungkan. Aparat TNI pun juga tak mau ketinggalan dalam mengamankan jalannya acara tersebut yang langsung berjaga jaga disekitar lingkungan.

Kapolresta Depok, Komisaris Besar Polisi Dwiyono dalam menanggapi hal tersebut mengatakan, sebagai salah satu petugas yang diberikan tanggung jawab dalam mengamankan jalannya Pilkada di kota Depok sampai dengan usainya penghitungan suara wajib menjaga lingkungan pelaksanaan agar selalu dalam keadaan kondusif dan aman.

“Tugas kami sebagai petugas keamanan yang diberikan tanggung jawab dalam jalannya Pilkada saat ini wajib mengamankan jalannya acara Pilkada sampai dengan usainya pelaksanaan penghitungan suara termasuk pleno rekapitulasi yang saat ini dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Depok,” tuturnya.

Ia pun memastikan bahwa untuk keamanan jalannya pleno rekapitulasi suara tingkat kota yang diselenggarakan akan selalu dalam keadaan yang aman. Untuk itu, dirinya telah menerjunkan anggotanya sebanyak 347 orang guna mengantisipasi akan timbulnya keadaan yang tidak diinginkan. Guna memaksimalkan pengamanan tersebut, TNI pun juga ikut dilibatkan di dalam jalannya pengamanan.

“Intel, dan polisi berpakaian preman sudah kami sebar ke sejumlah titik rawan aksi anarkis dan ke lokasi yang kami anggap rawan timbulnya kerusuhan. Kami sangat yakin dalam pelaksanaan rekapitulasi suara tingkat kota saat ini akan dapat berjalan dengan lancar dan aman,” katanya.

Sementara itu, Dandim 0508 Depok, Letkol TNI Inf. Santosa mengatakan, pihaknya dalam membantu menjaga keamanan jalannya rekapitulasi suara tingkat kota saat ini telah mengerahkan sebanyak 100 orang anggotanya yang disebar ke sejumlah titik guna membantu pihak kepolisian dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar agar selalu dalam keadaan yang kondusif.

“Kami dalam menjaga keamanan lingkungan penyelenggaraan rekapitulasi suara di tahun ini telah mengerahkan sebanyak 100 petugas yang dimana telah ditempatkan di ring luar guna mengantisipasi adanya kerusuhan pada saat rekapitulasi dilangsungkan. Dan untuk pihak kepolisian, mereka akan berjaga jaga di ring dalam sebagai lapisan kedua,” tandasnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: