Pada Hari Natal, Asteroid Sebesar 2,4 Km Akan Terbang Mendekati Bumi

Pada Hari Natal, Asteroid Sebesar 2,4 Km Akan Terbang Mendekati Bumi

HarianDepok.com – TechNews , Tidak sedikit film bergenre science fiction mencoba untuk menampilkan apa yang akan terjadi jika asteroid berukuran besar menghampiri Bumi. Tetapi beberapa skenario di sejumlah film Hollywood, menunjukkan kepada kita jika hal itu belum terjadi. Walau demikian, bukan berarti asteroid tidak terbang mendekati Bumi di kemudian hari. Menurut laporan NASA, asteroid sebesar 1,5 mil atau sekitar 2,4 kilometer akan terbang mendekati Bumi, tepat di Hari Natal.

Dalam istilah terminologi, asteroid dengan kode nama 2003 SD220 itu akan melewati 6,7 juta mil atau sekitar 28 kali lebih jauh dari bulan. Seperti yang dikutip laman Ubergizmo, Rabu (16/12/2015), NASA telah merilis sejumlah foto dari 2003 SD220 yang dipotret lewat teleskop radio. Lembaga ruang angkasa Amerika Serikat itu mengatakan jika jarak 6,7 juta mil, tidak akan menimbulkan bahaya apapun kepada manusia di Bumi. Mereka bahkan memperkirakan jika fenomena ini akan tetap terjadi selama 200 tahun ke depan.

Jadi kesimpulannya, kita tidak perlu khawatir tentang hal tersebut.  Sebelumnya, asteroid berukuran 2,5 kilometer dengan kode nama 86666 (2000 FL10) juga sempat mendekati Bumi pada Oktober 2015 lalu. NASA pernah menegaskan bahwa tingkat potensi asteroid `bertabrakan` dengan Bumi berada di tingkat kurang dari 0.01 persen hingga 100 tahun ke depan.  Artinya, hal tersebut menandakan lintasan orbit objek luar angkasa berada di jalur paling aman dan tidak mengakibatkan dampak mengerikan terhadap Bumi.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: