Di Jepang Belah Tuna Raksasa Jadi Hiburan Resepsi Nikah

Di Jepang, belah tuna raksasa jadi hiburan resepsi nikah

HarianDepok.com – Berita Unik – Kalau resepsi pernikahan di negara-negara lain mencapai puncak acara dengan potong kue atau lempar-lemparan bunga, mempelai di Jepang justru mulai keranjingan memotong-motong ikan tuna.

Dilansir Rocketnews24, kaitai show kini mulai jadi atraksi populer di acara-acara pernikahan. Kaitai adalah proses menguliti dan memotong-motong ikan tuna segar menjadi sashimi.

Biasanya kaitai dilakukan dengan ikan tuna seberat puluhan kilogram di pasar pelelangan ikan. Tujuannya adalah menarik perhatian para pembeli. Selagi ikan dikuliti dan diiris-iris, si tukang ikan akan membuat penonton tertawa dengan banyolan atau mengadakan kuis kecil-kecilan. Namun yang paling dinanti adalah pembagian sashimi tuna.

Kaitai show di resepsi pernikahan Jepang 2015 Rocketnews24

Kalau dulu kaitai hanya bisa dijumpai di pelelangan ikan atau perayaan tradisional, sekarang atraksi unik ini bisa dilakukan pula di pesta. Bahkan sekarang sudah ada perusahaan Jepang yang menyediakan layanan kaitai untuk resepsi pernikahan.

Layanan kaitai show di resepsi pernikahan Jepang. 2015 Rocketnews24

Perusahaan bernama Maguro Maijin ini akan memperagakan pemotongan tuna langsung di hadapan para tamu. Tentu saja, kedua mempelai harus jadi yang pertama memotong tuna. Ini dimaksudkan sebagai prosesi simbolis yang menggambarkan kegiatan pertama yang dilakukan oleh pasangan secara bersama-sama setelah resmi menjadi suami istri.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer