Mulai 15 Desember 2015, Registrasi SIM Prabayar Sudah Tidak Bisa Dilakukan Sendiri

 

Registrasi Kartu SIM, Registrasi Kartu Prabayar,

HarianDepok.com – TeknoNews , Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) secara resmi memberlakukan aturan registrasi kartu perdana prabayar pada hari Selasa kemarin  (15/12/2015). Calon pelanggan kini tidak bisa lagi meregistrasi kartu oleh dirinya sendiri. Demi tercapainya penertiban administrasi, operator dan distributor pun diminta untuk melakukan sosialiasi kepada ritel outlet (RO). Sosialiasi ini perlu dilakukan, pasalnya para (RO) diwajibkan untuk melakukan registrasi kepada calon pelanggan. Adapun RO yang berhak melakukan registrasi adalah RO yang mempunyai ID.

Berikut mekanisme registrasi yang wajib dilakukan para RO, sebagaimana yang dikutip dari Liputan6.com:

  1. Registrasi pelanggan prabayar wajib dilakukan oleh penjual kartu perdana yang sudah mempunyai identitas (ID). ID tersebut dikeluarkan oleh penyelenggara telekomunikasi.
  2. Sebelum melakukan registrasi dengan kode 4444, calon pelanggan wajib menunjukkan KTP/Paspor/SIM/Kartu Pelajar. Setelah itu, kemudian penjual bisa mengisi data berdasarkan identitas pelanggan.
  3. Apabila data pelanggan prabayar yang tercatat tidak sesuai dengan basis data (database) operator yang sudah diverifikasi, operator/distributor berhak meminta klarifikasi kepada pihak ritel/outlet atau penjual.
  4. Apabila ditemukan ketidaksesuaian seperti hal di atas, pihak operator/distributor berhak mengenakan sanksi kepada pihak ritel/outlet atau penjual.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok