Pelayanan La’Cepot Diluncurkan di Kota Depok

Pelayanan La'Cepot Diluncurkan di Kota Depok

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam upayanya untuk meningkatkan kualitas sistem pelayanannya di sektor pertanahan diketahui telah membuat sebuah layanan terbaru yaitu Layanan Cepat Depok On The Spot yang disingkat menjadi La’Cepot. Sistem pelayanan terbaru tersebut diluncurkan langsung oleh Kantor Pertanahan yang dimaksudkan agar permasalahan masyarakat di dalam pertanahan dapat teratasi dengan cepat dan baik.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Depok, Dada v M. Fuad dalam menanggapi adanya inovasi layanan terbaru tersebut mengatakan, bahwa sistem pelayanan yang baru diluncurkan oleh pihaknya tersebut dibentuk sedemikian rupa agar masyarakat dapat lebih aktif di dalam menyelesaikan masalahnya di sektor pertanahan. Dengan dibentuknya layanan terbaru ini diharapkannya dapat memberikan kemudahan seluruh masyarakat dengan cepat dan baik.

“Layanan La’Cepot ini sistemnya mobile dan untuk menggunakan layanan ini, masyarakat hanya dibebankan biaya administrasi sebesar 50 ribu rupiah saja. Tentunya di layanan ini kami memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan tanahnya dengan cepat dan baik,” ujarnya di Depok pada beberapa waktu lalu.

Adapun dari cakupan kegiatan yang dapat dilakukan lewat pelayanan ini oleh masyarakat diantaranya meliputi pengecekan sertifikat, Roya Murni, jual beli tanah dengan batasan masih dibawah 600 meter persegi, perubahan status tanah dari Hak Guna Bangun (HGB) menjadi Hak Milik dengan batasan luas tanah dibawah 600 meter persegi dan pelayanan konsultasi seputar pertanahan.

Untuk teknis pelaksanaannya dilapangan, Fuad mengaku dapat dilakukan dengan cepat hanya dalam hitungan jam saja dengan cakupan layanan seperti perubahan nama pemilik, sertifikasi tanah sampai dengan jual beli. Dengan adanya pelayanan tersebut, masyarakat dapat lebih mudah menyelesaikan permasalahan tanahnya tanpa harus menunggu lama dalam proses legalitasnya.

Sementara itu, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail yang pada saat itu juga ikut meresmikan La’Cepot mengatakan, dengan adanya sistem pelayanan tersebut, diharapkannya dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat kota Depok yang notabene waktunya banyak tersita oleh kegiatan penting yang lainnya. Selain daripada itu, La’ Cepot dijalankan juga dimaksudkan untuk memberikan proteksi hukum kepada properti masyarakat.

“Dengan diresmikannya pelayanan La’Cepot saat ini, diharapkan dapat membantu seluruh masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan legalitas tanahnya dengan cepat dan aman. Selain itu, adanya La’Cepot juga dimaksudkan agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memproteksi tanahnya secara hukum negara dengan biaya yang murah dan terjangkau,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)