Rita, Ahli Gizi Depok, Singkong Pangan Istimewa dan Bermanfaat Tinggi

Rita, Ahli Gizi Depok, Singkong Pangan Istimewa dan Bermanfaat Tinggi

HarianDepok.com – Berita , Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menggalakkan kotanya lewat program One Day No Rice (ODNR) sampai dengan saat ini, masih terus dilakukan. Hal tersebut selain bertujuan agar masyarakat kota Depok tidak bergantung kepada beras dan beralih kepada pangan lainnya, ditujukan juga untuk meningkatkan kesehatan masyarakat kota Depok dari mengkonsumsi karbohidrat berlebih.

Seperti yang diketahui bahwa, singkong adalah salah satu makanan alternatif pengganti beras yang saat ini digunakan oleh Pemkot Depok dalam menjalankan program ODNR di wilayahnya. Pangan ini dipilihnya sebagai pengganti beras dikarenakan di dalam singkong mengandung kalori dan sumber energi yang cukup tinggi dan baik bagi tubuh manusia.

Selain daripada itu di dalam singkong juga diketahui memiliki kandungan Fitokimia yang memiliki peran aktif untuk mencegah tubuh seseorang yang mengkonsumsinya terserang penyakit. Tak hanya itu saja, singkong sendiri saat ini sudah digunakan oleh berbagai masyarakat bukan hanya sekedar untuk cemilan saja, namun dapat digunakan dan diolah menjadi beragam kue yang nikmat dan lezat.

Pakar Gizi kota Depok, Rita Rama Yulisini dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan, saat ini tingkatan stres di masyarakat semakin meningkat. Ini disebabkan oleh banyaknya persoalan yang bertumpuk dan kompleks sehingga mempengaruhi jiwa seseorang. Namun. Guna mencegah meradangnya stres pada sseseorang, dirinya mengaku dapat diatasi hanya dengan makan singkong.

“Dari bentuk singkong sendiri memang tidak menarik, namun di dalamnya terdapat zat fitokimia yang baik bagi kesehatan tubuh yang dapat mencegah timbulnya stres karena aktivitas yang padat, asap kendaraan dan kemacetan yang kerap kali timbul pada saat seseorang ingin melakukan kegiatannya sehari hari,” tuturnya di Depok, Senin (14/12/2015).

Ia juga menambahkan, singkong selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh seseorang, juga ada manfaat lainnya yang berguna bagi kulit manusia yang didalamnya juga mengandung nutriai, mineral dan vitamin yang cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi seseorang. Maka daripada itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat kota Depok untuk dapat mengkonsumsi singkong setiap harinya agar tubuh dapat tercukupi asupan gizi dan vitaminnya.

“Rata rata orang zaman sekarang tidak mau memakan singkong, mereka kebanyakan lebih memilih makanan siap saji yang rendah akan asupan gizi dan tinggi kolesterol yang dapat memicu tekanan darah seseorang tinggi. Padahal di dalam kandungan singkong banyak sekali manfaat yang dapat ditemukan didalamnya sehingga mencegah kita terserang penyakit dan stres,” katanya.

Ia pun berharap dengan adanya penjabaran mengenai manfaat dari mengkonsumsi singkong, masyarakat dapat beralih dan mencoba makan singkong sebagai pengganti beras. Selain dapat meningkatkan swasembada pangan di Depok, mengkonsumsi singkong juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kota Depok.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: