Ingin Stamina Ninja 2-Tak Tetap Prima? Ini Caranya!

Ingin Stamina Ninja 2-Tak Tetap Prima? Ini Caranya!

HarianDepok.com – OtoNews , Tidak sedikit dari pemilik sepeda motor Ninja 2-tak yang kurang mengetahui bagaimana cara merawat tunggangannya dengan benar. Misalnya, ada yang menganggap mengganti oli mesin itu lima bulan sekali. Dan akibatnya, motornya cepet rusak, dan perlu biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Lantas, bagaimana cara yang benar merawat motor ini?

Menurut mekanik di bengkel resmi Kawasaki di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Dedi mengatakan, merawat motor ini relatif mudah. Perawatan Ninja 2-tak secara umum tidak ada yang spesifik, sama seperti motor-motor lainnya.

“Misalnya standarnya ganti oli mesin empat minggu sekali. Kalau ganti oli samping, tergantung orang yang pakai. Tapi biasanya kalau anak muda yang pakai, standarnya empat minggu. Kalau jarang dipakai dua bulanan juga bisa,” jelas pria yang akrab disapa Uda ini, Senin (14/12/2015).

Selain perawatan standar, Uda juga menuturkan bahwa yang harus diperhatikan adalah KIPS (Kawasaki Integrated Power Valved System). Teknologi ini berupa mekanisme klep yang mengontrol gas buang pada exhaust port. Ini membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna dan tenaga yang dikeluarkannya pun lebih maksimal.

“Untuk perawatan KIPS ini, tiga bulan sekali harus dicek, dibersihkan,” sambung Uda. Bukan hanya itu, Uda juga mengatakan bahwa agar KIPS tetap bersih, maka motor harus di geber hingga minimal 7.000 rpm. “Biasanya sekali dua kali digeber,” tuturnya.

Untuk diketahui, super KIPS baru akan terbuka pada saat putaran mesin tinggi, tepatnya ketika mencapai 7.000 rpm. Jika kurang dari itu, maka lama-kelamaan KIPS akan berkerak. “Jika sudah begitu, maka performa akan menurun, rasanya seperti knalpot bocor. Motor terasa tidak ada tarikannya,” pungkasnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

 

author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok