Jokowi Akan Gelar Sidak Proyek Kereta Bandara Soetta

Jokowi Akan Gelar Sidak Proyek Kereta Bandara Soetta

HarianDepok.com – Bisnis , Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke proyek Kereta Api Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Dalam jadwalnya, Jokowi akan berangkat dari Istana Kepresidenan pukul 16.00 WIB usai menemui rombongan World Bank di Istana Negara. Agenda kunjungan tersebut tidak terencana. Sesuai jadwal biro pers kepresidenan, agenda Presiden Jokowi terakhir hanya pukul 15.00 WIB untuk bertemu dengan perwakilan World Bank.

Di Jalan M1 yang menjadi lokasi pembangunan stasiun untuk kereta bandara, sudah siap untuk menerima kunjungan Presiden. Sejumlah pejabat kepolisian sudah mengatur arus di lokasi. Bukan hanya itu, di lokasi tersebut telah hadir juga Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursidan Baldan? dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro.

Proyek kereta bandara ini adalah proyek dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan sudah mulai pembangunannya pada Juli 2015. Proyek yang akan menghubungkan Bandara Soekarno – Hatta dengan Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, dengan panjang lintasan 36,3 kilometer (km) ini dijadwalkan bisa selesai pada akhir 2016. Proses pembebasan lahan proyek ini memerlukan biaya investasi Rp 2,5 triliun yang diperoleh dari pembiayaan-

sindikasi empat bank, yaitu, Bank Mandiri, BCA, BNI, dan BRI, senilai total Rp 2 triliun. Menyoal harga tiketnya, direncanakan KA Bandara ini akan dibanderol Rp 100 ribu per orang. Kereta Bandara ini terdiri dari enam kereta yang dapat memuat 272 penumpang. Kereta tersebut juga diprediksi hanya membutuhkan waktu tempuh 60 menit dari Manggarai hingga Bandara Soekarno – Hatta.

KA Bandara ini juga akan terintegrasi dengan halte Transjakarta dan Mass Rapid Transit (MRT). Sementara untuk jam beroperasinya direncanakan mengikuti jadwal penerbangan, di mana jika ada waktu penerbangan pukul 05.00 WIB, maka pemberangkatan pertama pada pukul 04.00 WIB. Nantinya akan ada 124 perjalanan kereta dalam sehari dan kereta tersebut tidak diperuntukkan untuk penumpang berdiri.?

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: