Kotak Hitam Pesawat MH17 Berhasil Ditemukan

Kotak Hitam MH17 Berhasil Ditemukan.

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Petugas investigasi menuturkan keadaan Kotak hitam milik Boeing 777-200ER Malaysia Airlines penerbangan MH17 telah tiba di Inggris yang kemudian langsung di bawa ke laboratorium Air Accident Investigation Branch (AAIB), di Farnborough, Inggris, untuk diunduh datanya. Kotak hitam tersebut  terdiri atas Cockpit Voice Recorder  dan Flight Data Recorder. Dan sejauh ini, para ahli  menyatakan kondisi kotak hitam tersebut masih bagus.

Tim penyidik menuturkan yang dilansir Mashable, Rabu (23/7):

“CVR (Cockpit Voice Recorder ) Memang rusak, tapi modul memorinya masih utuh.”

Kamis ini (24/7), AAIB rencananya akan memeriksa FDR lebih dahulu, setelah itu  menggabungkannya dengan data CVR. Selepas data diunduh, data penerbangan tersebut akan dianalisa. Menurut para investigator, proses analisa ini bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu.

Data pada kotak hitam MH17 masih aman meski sudah tertembak rudal, Hal tersebut berkat penggunaan teknologi modul memori solid-state yang dirancang Honeywell Redmond  yang mulai populer setelah tahun 90-an.

Modul memori solid-state ini dianggap lebih tahan dibanding pita magnetik yang oleh kebanyakan kotak hitam saat ini sudah tinggalkan. Modul memori ini menggunakan serangkaian chip memori yang dirangkai secara berjajar, hingga tidak ada komponen yang bergerak. Dengan tidak adanya komponen yang bergerak, maka hal ini mengurangi risiko kerusakan saat terjadi kecelakaan pada modul, disamping itu modul juga tidak mudah rusak, serta mudah dirawat.

Data yang terekam oleh FDR dan CVR  akan disimpan di memory board yang berada di dalam CSMU atau crash-survivable memory unit. Memory board tersebut mempunyai kapasitas penyimpanan 2 jam untuk merekam data audio percakapan, dan 25 jam terakhir  untuk data teknis penerbangan .

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)