Moskow Akan Punya Kuburan Dilengkapi Sinyal Wifi

moskow-akan-punya-kuburan-dilengkapi-sinyal-wifi

HarianDepok.com – Berita Unik – Warga Ibu Kota Moskow, Rusia, selama ini sudah menikmati jaringan internet tanpa kabel atau wifi di berbagai tempat, seperti di kafe, restoran, dan kereta. Namun pemerintah kota tampaknya belum puas. Mereka ingin memasang jaringan wifi di sejumlah kuburan.

Layanan itu rencananya akan mulai diterapkan tahun depan bagi para peziarah di Pemakaman Vagankovo, Troyekurovo, dan Novodevichy. Di makam-makam itu sejumlah nama tokoh besar bersemayam, seperti pengarang Anton Chekov, pemimpin Soviet Nikita Khrushchev, dan presiden pertama Rusia Boris Yeltsin.

“Kuburan-kuburan itu layaknya museum terbuka,” ujar Lilya Lvovskaya, juru bicara dari dinas pemakaman Moskow, seperti dilansir koran the Straits Times, Kamis (10/12).

“Para peziarah seringkali datang ke kuburan dan ingin tahu lebih banyak tentang sosok yang sudah terbaring di makam itu.”

Jika pemasangan sinyal wifi di tiga kuburan itu cukup mendapat apresiasi warga maka pemerintah kota berencana memasang wifi di seluruh 133 pemakaman yang ada di Moskow.

Menurut situs pemerintah kota Moskow, saban tahun ada 120 ribu orang dikuburkan di kota itu dan sejauh ini sudah ada 8.000 kuburan.

Pemakaman Novodevichy dan Vagankovo bahkan sudah dilengkapi dengan sistem GPS untuk membantu peziarah mencari kuburan sosok terkenal.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer