Mahasiswa Kampus Teknik Di China Dibayar Supaya Bangun Pagi

mahasiswa-kampus-teknik-di-china-dibayar-supaya-bangun-pagi

HarianDepok.com – Berita Unik – Badan Eksekutif Mahasiswa Institut Teknik Wuchang, Provinsi Hubei, China, menyatakan sudah menjalin kesepakatan dengan rektorat untuk menelurkan kebijakan peningkatan disiplin mahasiswa. Caranya, kampus akan memberi insentif uang bagi mahasiswa yang rajin bangun pagi, serta mau terlibat upacara pengibaran bendera setiap awal pekan.

Pengurus BEM Kampus Wuchang, Wang Shuai dan Wang Yunpeng, mengatakan kebijakan ini disebut program ‘uang kaget’. Melalui aplikasi ponsel WhatsApp dan WeChat, mahasiswa yang datang pagi serta ikut upacara bendera akan dipantau, lalu dipilih secara acak memperoleh uang yang tidak dirinci nominalnya.

“Jumlahnya tidak terlalu besar, tapi uang ini kami yakin bisa memacu para mahasiswa untuk bangun lebih pagi,” kata Shuai, seperti dilansir Stasiun Televisi CCTV News, Rabu (9/12).

Sejak diterapkan akhir November lalu, tingkat kehadiran mahasiswa dalam upacara bendera meningkat tiga kali lipat. Salah satu dosen, Lin Lin, mengakui efektifvitas kebijakan tersebut. “Dampak adanya uang kaget ini sangat terasa dalam kehadiran mahasiswa untuk kegiatan pagi,” ujarnya.

Banyak kampus di Negeri Tirai Bambu masih menjalankan olah raga pagi dan upacara bendera. Di banyak kampus besar, dua kegiatan itu makin sepi peminat, termasuk Institut Teknologi Wuchang.

Walau berdampak positif, tidak semua mahasiswa setuju pada sistem uang kaget tersebut. Di jejaring sosial, banyak kecaman dilontarkan pada BEM dan rektorat.

“Mahasiswa tidak perlu lagi dipaksa-paksa bangun pagi untuk menjadi disiplin. Bukankah mereka seharusnya malu sampai bangun pagi demi uang,” tulis akun @wowahoh di jejaring sosial Weibo.

Pengguna Twitter @Yunanqingyunian mempertanyakan bagaimana mengontrol mahasiswa yang curang hanya demi mendapat uang. “Setelah bangun pagi, dapat uang, saya bisa saja kembali tidur di kos atau asrama. Tidak perlu lagi kuliah,” tulisnya.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer