DPPK Depok Beri Sosialisasi Pada Lurah-lurah di Depok

Guna Menjaga Aset Daerah, DPPK Depok Beri Sosialisasi Pada Lurah-lurah di Depok.

HarianDepok.com – Berita , Rabu (23/7) lalu, bertempat di Aula Gedung L 1 Balaikota Depok, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset (DPPK) Depok, mengundang sejumlah Lurah di Kota Depok guna diberikan pemahaman tentang sosialisasi terkait pengamanan asset daerah.

Ini dibahas meliputi pelestarian aset dan bangungan, gedung-gedung pemerintah dan aset fisik tanah yang dimiliki.

“Sosialisasi pemahaman ini sangat penting, sebab lurah juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga aset daerah,” kata Satibi selaku kepala manajemen aset DPPKA Kota Depok.

Mengacu Undang-undang Nomor 14 2013 tentang pengiriman infrastruktur dan utilitas, diharapkan lurah untuk bisa memahami daerah mana yang menjadi set plan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Sehingga tidak terjadi alih kepemilikan aset.

“Jika nanti set plan telah ditetapkan pemerintah, maka lurah harus mendapatkan salinan, sebab dulu transisi dari Bogor ke Kota Depok set plan ini belum ada,” tambahnya.

Satibi menerangkan bahwa pengamanan asset daerah ini, memiliki tiga hal, yaitu administrasi, fisik dan hukum.

Dalam sosialisasi pemahaman ini, Badan Pertanahan Nasional (BPN) turut diundang guna menjadi pembicara tamu nanti jika ada alat yang harus disertifikasi, lurah juga dapat memberikan rekomendasi dan informasi tanah yang ada di daerah mereka untuk melengkapi data BPN dan menerbitkan sertifikat.

“Mata kita untuk mengikuti kasus ini sangat terbatas, oleh karena itu, lurah memiliki peran strategis untuk menjaga aset wilayah di Kota Depok,” tutup Satibi.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)